Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Telan Tokek karena Ditantang, Pria Ini Meninggal Dunia

Kompas.com - 04/07/2019, 16:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com - Seorang pria di Brisbane, Australia, dilaporkan meninggal dunia setelah diduga menelan seekor tokek sebagai tantangan ketika menggelar pesta.

David Dowell dilarikan ke Rumah Sakit Mater Brisbane karena mengalami "kesakitan amat sangat" pada 3 Desember 2018, tiga hari setelah rekan-rekannya melihat dia makan tokek.

Baca juga: Mengeluh Sakit, Ternyata Ada Tokek di Telinga Seorang Pasien

Awalnya seperti dilansir Oddity Central Rabu (3/7/2019), dokter menduga Dowell terkena gastroentritis. Namun dalam perkembangannya, dia disebut menderita bakteri salmonella.

Tidak ada yang tahu bagaimana dia terpapar bakteri itu. Namun sehari setelah masuk rumah sakit, seorang teman memberi tahu pasangannya Dowell, Allira.

Teman itu mengatakan Dowell menelan tokek saat pesta. Pria berusia 34 tahun itu dikenal tidak pernah lari dari tantangan. Namun Allira berujar tidak ada bukti soal tokek itu.

Kepada news.com.au, Allira berujar keterangan dari teman-temannya berubah. "Pada akhirnya, kami tidak tahu apakah David benar-benar menelannya," ujarnya.

Saat dirawat, gejala Dowell mengkhawatirkan dengan memuntahkan cairan empedu, perutnya membengkak seperti orang hamil, hingga ada cairan di perut dan paru-paru.

Kurang dari dua pekan, Dowell meninggal ketika menjalani operasi. Keluarganya memutuskan menceritakan kisah pilu itu demi mencar tahu penyebab sebenarnya.

Hewan liar seperti kadal, ular, hingga tokek membawa berbagai parasit, termasuk bakteri salmonella, di usus mereka yang berbahaya jika menyerang manusia.

Baca juga: Tak Mau Dimangsa, Tokek Ini Menguliti Dirinya Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com