Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, 2 WN Jepang Ditangkap karena Hendak Gabung ISIS

Kompas.com - 03/07/2019, 22:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Kepolisian Jepang menyatakan, mereka menangkap dua warganya karena mencoba bergabung dengan ISIS, dan menjadi kasus pertama di sana.

"Kami menyerahkan dua orang kepada jaksa penuntut karena hendak melakukan perjalanan ke Suriah sebagai anggota anti-pemerintah," ujar juru bicara polisi Tokyo.

Baca juga: ISIS Klaim Serangan yang Tewaskan 7 Orang di Markas Militer Filipina

Diwartakan AFP Rabu (3/7/2019), juru bicara kepolisian menerangkan terdapat tiga orang yang diserahkan kepada jaksa. Namun, mereka tak memberi detilnya.

Salah satu dari kelima orang itu, menurut pemberitaan media setempat, adalah pria berusia 31 tahun yang memang sudah berencana berangkat pada 2014.

Kepada polisi, dia mengatakan hendak bergabung bersama ISIS sebagai anggota. Selain dia, terdapat jurnalis lepas Kosuke Tsuneoka cendekiawan Islam Ko Nakata.

Pada awal tahun ini, pemerintah Jepang memerintahkan Tsuneoka untuk menyerahkan paspornya setelah ditengarai dia bersiap untuk berangkat ke Yaman.

Langkah itu memicu debat di Jepang terkait apakah jurnalis mereka dilarang meliput ke daerah konflik menyusul pembebasan wartawan yang diculik di Suriah tahun lalu.

Baca juga: Diduga Gabung ISIS, 12 Anggota Keluarga Ini Meninggal Semua di Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com