Kompas.com - 03/07/2019, 18:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menyatakan bakal mengembalikan puluhan kontainer berisi sampah ke Perancis dan negara maju lainnya dalam upaya menolak sebagai tempat sampah dunia.

Setidaknya terdapat 49 kontainer berisi kombinasi dari sampah plastik, sampah rumah tangga, maupun limbah berbahaya yang melanggar aturan impor, menurut pejabat bea cukai di Batam.

Baca juga: Sampah Bangkai Ayam Tebar Aroma Busuk di Jalan Menuju Telaga Sarangan

"Saat ini, kami berkoordinasi dengan importer untuk secepatnya memproses pengembalian," kata juru bicara bea cukai Sumarna dikutip AFP via Asia One Rabu (3/7/2019).

Sumarna menerangkan, sampah-sampah itu berasal dari Amerika Serikat (AS), Australia, Perancis, Jerman, maupun kota yang menjadi pusat keuangan dunia, Hong Kong.

Juni lalu, Jakarta mengembalikan lima kontainer sampah ke AS, menjadi negara Asia Tenggara terbaru yang tidak senang karena menjadi tempat sampah negara Barat.

Keputusan China pada 2018 untuk melarang impor limbah plastik mmebuat daur ulang global jadi kacau, dengan negara maju berusaha menemukan tempat untuk mengirim limbah mereka.

Sejak saat itu, sampah dalam jumlah besar dikirim ke Asia Tenggara. Pada Mei, negara tetangga Malaysia berjanji bakal mengapalkan ratusan ton limbah plastik.

Sementara Filipina mengirim kembali 69 kontainer sampah ke Kanada di mana Presiden Rodrigo Duterte sempat melontarkan ancaman dan membuat relasi dua negara tegang.

Menurut Worldwide Fund for Nature (WWF), sekitar 300 juta ton sampah diproduksi setiap tahun dengan sebagian besar memenuhi tempat pembuangan dan mencemari laut.

Baca juga: Indonesia Kembalikan 5 Kontainer Sampah ke AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Asia One


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.