Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Kanada Janji Dukung Ukraina Hadapi Agresi Rusia

Kompas.com - 03/07/2019, 15:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TORONTO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan siap mendukung Ukraina dalam menghadapi "agresi" Rusia.

Pernyataan itu disampaikan Trudeau saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi reformasi Ukraina di Toronto, Selasa (2/7/2019).

"Setelah agresi Rusia dan upaya untuk merusak kedaulatan Ukraina, termasuk aneksasi ilegal terhadap wilayah Crimea, itu semua lebih penting bagi negara-negara seperti Kanada, untuk berdiri di samping mitranya," kata Trudeau.

"Tindakan Rusia tidak hanya merupakan ancaman bagi Ukraina, tetapi juga bagi hukum internasional," lanjut perdana menteri Kanada, dikutip AFP.

Konferensi reformasi Ukraina yang dilangsungkan di Toronto mempertemukan perwakilan dari 30 negara, Uni Eropa, dan organisasi internasional, seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan NATO.

Baca juga: PM Kanada: Bekerja dengan Trump Tak Selalu Mudah

Trudeau juga mengungkapkan kekecewaannya atas kembalinya Rusia sebagai anggota Majelis Parlemen Dewan Eropa (PACE), setelah negara itu dicopot dari hak pilihnya oleh badan hak pan-Eropa pada 2014 karena kasus aneksasi Crimea.

Terlebih, lanjut Trudeau, pemulihan itu dilakukan saat Rusia belum membebaskan para pelaut dan kapal angkatan laut Ukraina yang ditahan sejak November 2018 lalu.

Kekecewaan turut disampaikan Zelensky, yang kemudian memutuskan untuk menarik undangan kepada PACE sebagai pemantau dalam pemilihan parlemen Ukraina yang akan diadakan pada 21 Juli mendatang.

Dalam pertemuan itu, Trudeau dan Zelensky juga membahas kerja sama dalam penjualan senjata dari Kanada dan misi pelatihan militer Kanada di Ukraina.

Pada Maret lalu, pemerintah Kanada telah memperbarui misi untuk sekitar 200 tentaranya di Ukraina yang akan diperpanjang hingga akhir Maret 2022.

Baca juga: AS Beri Bantuan Militer ke Ukraina Senilai Rp 3,5 Triliun

Sejak 2015, Kanada telah berperan dalam melatih hampir 11.000 tentara Ukraina.

Trudeau turut mengungkapkan apresiasinya terhadap Ukraina yang telah melakukan banyak perbaikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dalam tindakan melawan korupsi.

Kanada juga mengumumkan pemberian bantuan sebesar 45 juta dollar (sekitar Rp 635 miliar) kepada Ukraina untuk mendukung reformasi dan pembentukan kepolisian nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com