Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Truk Tangki Bahan Bakar di Nigeria, 45 Orang Tewas

Kompas.com - 02/07/2019, 23:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

AHUMBE, KOMPAS.com - Sedikitnya 45 orang tewas dan lebih dari 100 orang lainnya luka-luka akibat ledakan truk tangki minyak di Nigeria tengah.

Dilansir AFP, ledakan terjadi setelah sebuah truk tangki dengan muatan bahan bakar terguling di jalan saat dalam perjalanan ke desa Ahumbe, negara bagian Benue, pada Senin (1/7/2019).

Akibat kecelakaan itu, muatan bahan bakar tumpah ke jalan dan menjadi sasaran penjarahan warga sekitar.

Sekitar satu jam setelah kecelakaan, saat orang-orang berkerumun demi mendapatkan bahan bakar gratis, mendadak truk meledak.

"Kami telah menemukan sebanyak 45 mayat korban, sementara 101 orang lainnya dilaporkan menderita luka bakar serius," kata Komandan Sektor Komisi Keamanan Jalan Federal Negara Bagian Benue, Aliyu Baba, kepada AFP.

Baca juga: Truk Tangki Terguling dan Meledak di Nigeria, 58 Orang Tewas

"Dari penampakan benda-benda di sekitar lokasi ledakan dan mempertimbangkan kondisinya, banyak dari pada korban mungkin tidak akan selamat," tambahnya.

Baba menambahkan, di antara para korban meninggal terdapat seorang wanita hamil dan setidaknya dua anak-anak. Dari pihak petugas pemadam kebakaran dua orang mengalami luka bakar serius.

Diperkirakan kobaran api muncul ketika sebuah bus yang sarat dengan penumpang berusaha melewati tempat kejadian dan pipa knalpotnya menggesek aspal, menimbulkan percikan api dan menyulut terjadinya ledakan.

"Sebanyak 16 penumpang di dalam kendaraan, termasuk dua anak dan wanita hamil, langsung dibakar hingga mati," kata Baba.

Polisi dan petugas layanan darurat bekerja untuk membersihkan sisa kebakaran dari jalan. Setidaknya satu bangunan hancur oleh ledakan.

Insiden ledakan dan kebakaran truk tangki bahan bakar dan pipa umum tidak jarang terjadi di Nigeria, di mana industri minyak dan gas bernilai miliaran dollar terdapat di negara itu, namun kebanyakan orang hidup dalam kemiskinan.

Baca juga: Usai Tabrak Kendaraan Lain, Truk Tangki Meledak di Jalan Tol di Italia

Kebakaran dan ledakan sering terjadi ketika warga mencoba menyedot bahan bakar dari pipa dan juga setelah kecelakaan yang melibatkan truk bermuatan bahan bakar di jalan yang tidak dirawat dengan baik.

Pada Januari lalu, setidaknya delapan orang tewas di Odukpani, negara bagian Cross River, dalam kecelakaan serupa.

Pada Juli 2012, setidaknya 104 orang tewas dan sekitar 50 lainnya terluka akibat kecelakaan dan ledakan truk tangki bahan bakar di negara bagian selatan Rivers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com