Kompas.com - 02/07/2019, 17:37 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Cuaca buruk dengan curah hujan tinggi melanda ibu kota keuangan India, Mumbai, selama dua hari terakhir, seiring dimulainya musim penghujan di negara itu.

Hujan deras yang turun pada dua hari terakhir menyebabkan sejumlah insiden runtuhnya tembok dan dinding bangunan, menewaskan hingga 27 orang.

Hujan deras juga mendorong pemerintahan setempat untuk meliburkan sekolah dan kantor.

Musim penghujan di India berlangsung dari Juni hingga September, dan sering kali memicu terjadinya insiden fatal, dengan bangunan dan dinding roboh akibat curah hujan tinggi yang melemahkan fondasi gedung yang tidak dibangun dengan baik.

Dinding roboh terjadi salah satunya di kawasan lereng bukit di Malad, pinggiran kota Mumbai barat, menewaskan sebanyak 18 orang, kata petugas pemadam kebakaran.

Baca juga: Sendirian, Pria Ini Bertekad Tutup Semua Lubang Jalan di Mumbai

"Tindakan penyelamatan masih berlangsung. Sejauh ini kami telah menyelamatkan lebih dari selusin orang," tambah petugas, dikutip Reuters.

Tembok runtuh juga terjadi di kota Kalyan, 42 kilometer arah utara Mumbai dan menewaskan tiga orang.

Di dekat kota Pune, India barat, sebanyak enam orang juga dilaporkan tewas tertimpa dinding roboh, Selasa (2/7/2019), menjadi insiden kedua yang terjadi di kota itu setelah sebelumnya pada Sabtu (28/6/2019) dan menewaskan 15 orang.

Mumbai yang dikenal menjadi pusat keuangan di India, sebagai besar wilayahnya harus berjuang menghadapi insiden musiman yang disebabkan curah hujan tinggi.

Dengan pekerjaan konstruksi yang terus meluas dan saluran air dan pembuangan yang tersumbat, menyebabkan semakin rentan terjadi kekacauan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.