Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat dari Amukan Beruang, Pria Ini Hadapi "Amarah" Istrinya

Kompas.com - 02/07/2019, 17:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pria di Siberia, Rusia, mengisahkan bagaimana dia bisa selamat setelah seekor beruang coklat menyerangnya, di mana dia yakin bakal "dimakan hidup-hidup".

Nikolay Irgit mengatakan dalam keadaan putus asa, dia mencoba menggigit beruang dan mendengar "raungan menyeramkan" setelah lidah predator itu putus.

Dilansir Daily Mirror Selasa (2/7/2019), Irgit tampil untuk pertama kalinya dengan menunjukkan luka di bagian kepala dan lengan, dan dielukan sebagai pahlawan di Rusia.

Baca juga: Pria Ini Gigit hingga Putus Lidah Beruang yang Menyerangnya

Pengurus sekolah mengungkapkan beruang, berbobot setidaknya setengah ton, menerkamnya "entah dari mana" dengan dia tak punya senjata untuk membela diri.

Pria berusia 35 tahun mengaku saat itu, dia tidak peduli apakah dia bakal hidup atau mati. Tapi dia memberi perlawanan ketika menggerogoti kepala dan wajah.

Setelah selamat dari serangan beruang, Irgit melanjutkan dia pulang ke rumah, dan menghadapi "amarah" istrinya karena sudah menempatkan dirinya dalam bahaya.

Irgit mengakui dia memang pergi ke hutan terpencil di kawasan Siberia untuk berburu dan mengumpulkan rusa maupun tanduknya sebelum kemudian dijual.

"Saya sangat takut. Saya pikir saya sudah menemui ajal," terang Irgit dalam wawancara pertama setelah dia diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

Di tengah pergulatan melawan beruang, Irgit berkata dia berpikir tidak peduli jika nantinya dimakan hidup-hidup. Namun dia kemudian berubah pikiran.

Sebabnya, dia menyadari masih mencintai anak dan istri. Dia juga mengklarifikasi pemberitaan media di mana dia sempat mencakar yang menurutnya salah.

"Media memberitakan saya dengan salah. Pertama, beruang itu menggigit saya di bagian kepala kemudian ke lengan. Hewan itu ingin memakan saya," katanya.

Ketika beruang itu terus menerkamnya, dia membuka mata dan melihat rahangnya. Secara refleks dia langsung menancapkan giginya, dan membuat beruang itu kabur.

Baca juga: Seorang Petani Diserang Beruang Saat Sadap Karet di Riau

Setelah itu Irgit baru merasakan sakit di sekujur tubuh. Dia kemudian merasa ada yang ganjil di mulutnya dan memuntahkannya. Dia menyadari ysng digigitnya adalah lidah.

"Saya kira awalnya itu lidah saya. Panik, saya kemudian mencoba bersuara dan kelihatannya baik-baik saja. Baru saya sadar itu adalah lidah beruang," terangnya.

Ketika kisahnya menjadi viral dan diperhatikan dunia, Dia mengaku tidak peduli menjadi terkenal. Yang dia butuhkan adalah kembali kepada keluarganya.

"Saya ingin melihat anak-anaknya. Tetapi saya masih belum diperbolehkan pulang karena saya masih harus mendapat perawatan," tutur Irgit yang tinggal bersama rumahnya.

Sang istri Aida langsung menangis ketika menyadari suaminya selamat. Namun dia kemudian "marah" karena Irgit memaksakan diri ke tempat terpencil untuk berburu.

Baca juga: Sebulan di Sarang Beruang dan Luka Parah, Pria Ini Bertahan Hidup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com