Kompas.com - 02/07/2019, 16:16 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dirinya ingin segera menarik pasukan AS keluar dari Afghanistan.

Akan tetapi Trump juga khawatir, tanpa kehadiran militer Amerika, negara itu akan digunakan sebagai pangkalan teroris untuk serangan yang menargetkan AS.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan stasiun televisi Fox News, pada Senin (1/7/2019), Trump menyampaikan kendala yang dihadapi dalam menarik 9.000 tentara AS dari Afghanistan.

Presiden AS berusia 73 tahun itu menyebut Afghanistan seperti laboratorium bagi para teroris. "Saya menyebutnya sebagai Harvard-nya teroris," ujar Trump.

Dikutip Reuters, Trump menyampaikan percakapannya dengan para pejabat militer AS, saat dia mengatakan keinginannya untuk memindahkan pasukan Amerika dari Afghanistan.

Baca juga: Trump Klaim Pemerintahan Obama Memohon untuk Bertemu Kim Jong Un

Tetapi dia diperingatkan bahwa lebih baik memerangi teroris di Afghanistan daripada di AS.

"Saya lebih suka menyerang mereka (teroris) di sana, dibandingkan menyerang mereka di tanah kami. Itu sesuatu yang harus selalu dipertimbangkan," kata Trump mengulang jawaban seorang jenderal kepadanya.

Bahkan jika nantinya AS memang akan menghapuskan keberadaan pasukannya di Afghanistan, Trump mengatakan, mereka akan meninggalkan "intelijen yang sangat kuat" di negara konflik itu.

AS berperang di Afghanistan sebagai tanggapan atas serangan teroris yang membajak pesawat penumpang dan menabrak gedung kembar World Trade Center di New York dan Pentagon, pada 11 September 2001 silam.

Militer AS bertujuan untuk mengusir kelompok Taliban yang menyembunyikan pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, pemimpin kelahiran Arab Saudi yang memimpin rencana serangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.