Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Cangkir Pribadi ke KTT G20, Putin Idap Paranoia?

Kompas.com - 02/07/2019, 14:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

OSAKA, KOMPAS.com - Ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, telah rampung. Namun masih ada sisi-sisi menarik dari para pemimpin dunia yang hadir dalam pertemuan selama dua hari yang digelar akhir pekan lalu itu.

Konferensi yang dilangsungkan pada Jumat hingga Sabtu (28-29/6/2019) itu turut dihadiri sejumlah pemimpin negara besar dunia, seperti Presiden AS Donald Trump, Presiden China Xi Jinping, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Namun selain permasalahan serius yang dibahas dalam konferensi, ada hal-hal menarik yang mungkin tidak terekspos dari para pemimpin dunia yang hadir.

Salah satunya adalah Putin, yang kedapatan membawa cangkir pribadi dalam salah satu agenda pertemuan resmi.

Baca juga: Putin: Liberalisme Sudah Usang

Hal itu memicu spekulasi di media sosial yang mengira Putin menderita paranoia atau gangguan kejiwaan yang menganggap orang lain ingin menyakiti dirinya.

Dalam foto dan video yang telah beredar luas di media sosial, memperlihatkan jika Putin minum dari cangkir berwarna putih yang dibawanya. Sementara para pemimpin negara lain hanya minum dari gelas anggur biasa.

Menanggapi spekulasi yang bukan hal baru di dunia maya, juru bicara kepresidenan Rusia mengungkapkan alasan Putin kerap terlihat mempersiapkan cangkir khusus.

"Itu karena dia (Putin) secara terus-menerus minum teh dari cangkir termos itu," ujar Dmitry Peskov menjelaskan kepada kantor berita RIA Novosti.

Tindakan Putin yang membawa cangkirnya sendiri ke sebuah acara internasional yang dihadiri banyak pemimpin dunia memicu dugaan jika presiden berusia 66 tahun itu tidak percaya kepada siapa pun.

Cangkir yang dibawa Putin saat pertemuan di Osaka, Jepang, lalu itu mirip dengan yang dibawa Putin selama ini dalam konferensi pers tahunan. Cangkir itu memiliki ornamen elang berkepala dua, simbol nasional Rusia, pada bagian atasnya.

Selama KTT G20, Putin bertemu dengan sejumlah pemimpin negara secara bilateral, di antaranya dengan Donald Trump, Kanselir Jerman Angela Merkel, Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, dan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Baca juga: Sambil Tersenyum, Trump Minta Putin Jangan Campuri Pilpres AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com