Kompas.com - 02/07/2019, 09:21 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan meminta kendaraan perang untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan yang jatuh 4 Juli ini.

Kepada Pentagon, Trump dikabarkan minta supaya tak hanya mengerahkan pesawat kepresidenan Air Force One maupun tim akrobatik Blue Angels milik Angkatan Laut.

Namun dipaparkan sumber seperti dikutip Washington Post Senin (1/7/2019), Trump juga minta supaya tank hingga jet tempur F-35 ambil bagian dalam perayaan.

Baca juga: Biaya Melonjak, Pentagon Tunda Rencana Gelar Parade Militer

Sumber itu menerangkan, presiden 73 tahun itu menginginkan tank itu bisa diletakkan di Lincol Memorial, tempat di mana dia direncanakan mmeberikan pidato.

Namun, rencana Trump itu mendapat peringatan dari pengelola Dinas Taman Nasional AS karena keberadaan tank dikhawatirkan bakal merusak situs bersejarah itu.

Kepada awak media di Gedung Putih, Trump telah mengonfirmasi dia ingin supaya sejumlah persenjataan militer bisa ditampilkan saat Peringatan 4 Juli.

"Tidak seperti yang lain, ini spesial," kata Trump dilansir AFP. "Bakal ada jet tempur terbaik dunia, dan kami menempatkan tank di luar," paparnya.

Namun pengerahan kendaraan perang itu menuai kritik baik dari oposisi Partai Demokrat maupun pengelola yang menyatakan, mereka menghadapi biaya perawatan 11 miliar dollar AS, atau Rp 155,5 triliun.

Selain itu, lalu lintas udara dari dan ke Bandara Nasional Reagan bakal terganggu dua jam. Rinciannya pukul 18.15-19.45 bakal dilintasi oleh jet militer.

Kemudian 21.00 sampai 21.45 untuk mengakomodasi kembang api. Dalam perayaan sebelumnya, aktivitas penerbangan di bandara itu tidak terganggung oleh kembang api.

Namun, titik luncurnya dipindahkan pada edisi tahun ini demi mengakomodasi pidato presiden ke-45 dalam sejarah AS sehingga Bandara Reagan mengalami pembekuan sementara.

Trump begitu antusias menyambut parade 4 Juli sejak dia menghadiri perayaan Hari Bastille di Perancis 2017 di mana dia melihat penampilan militer.

Sebelum Trump mengomentari perayaan itu, baik Gedung Putih, Kementerian Dalam Negeri, hingga Pentagon semuanya menolak mengatakan apa pun soal perayaan 4 Juli.

Baca juga: Putin Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan AS ke Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.