Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran William dan Kate Dijadwalkan Kunjungi Pakistan Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 01/07/2019, 21:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran William dan istrinya Kate dijadwalkan bakal mengunjungi Pakistan pada akhir tahun ini. Menandakan perjalanan keluarga kerajaan Inggris pertama ke negara itu sejak lebih dari satu dekade.

Pakistan, yang telah memerangi kelompok gerilyawan di dalam negeri selama lebih dari satu dekade, yang menyebabkan puluhan ribu korban tewas, kini situasi keamanannya telah lebih stabil, usai tindakan keras yang diambil pasukan keamanan negara.

Sementara kunjungan Duke dan Duchess of Cambridge ke negara itu merupakan tugas dari Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, menunjukkan minat baru London terhadap Pakistan.

"Mengenai rincian lebih lanjut (soal kunjungan) akan disampaikan pada waktunya," tulis pihak Istana Kensington, dalam twitnya, Senin (1/7/2019), dikutip AFP.

Baca juga: Pangeran William Mengaku Tak Keberatan Jika Anaknya Menjadi Gay

Pengumuman terkait rencana kunjungan itu datang di tengah banyaknya negara Barat yang justru mengeluarkan peringatan perjalanan, serta mengingatkan warganya terkait risiko penculikan dan serangan bom, khususnya di kawasan perbatasam dengan Afghanistan.

Rencana kunjungan pihak kerajaan Inggris itu disambut baik oleh pemerintah Pakistan.

"Pemerintah dan rakyat Pakistan menyambut hangat pengumuman tentang rencana kunjungan Kerajaan Inggris," tulis utusan Pakistan untuk Inggris, Nafees Zakaria, dalam twitnya.

"Rakyat Pakistan sangat menghargai dan dengan senang hati mengingat kunjungan Yang Mulia Ratu Elizabeth II ke Pakistan pada 1961 dan 1997."

"Kunjungan pihak keluarga Kerajaan yang akan datang mencerminkan pentingnya ikatan antara Inggris dengan Pakistan. Kedua negara memiliki hubungan sejarah dan ingin memperkuat jalinan mereka lebih jauh," tambah Zakaria.

Terakhir kali pihak keluarga Kerajaan Inggris melakukan kunjungan ke Pakistan adalah 13 tahun lalu, saat Pangeran Charles dan Putri Camilla, Pangeran Wales dan Duchess of Cornwell, melakukan tur keliling negara pada 2006.

Mendiangn Putri Diana, ibu Pangeran William, juga sempat berkunjung ke Pakistan pada 1996.

Inggris juga diketahui menjadi rumah bagi lebih dari satu juta warga Pakistan, menjadikan negara itu dispora Pakistan terbesar di Eropa.

Sementara Departemen Perdagangan Internasional Inggris mencatat, hubungan perdagangan bilateral Inggris dengan Pakistan mencapai tiga miliar poundsterling pada 2017.

Baca juga: Pangeran William dan Kate Ajak Anak-anak Jajal Taman Baru di London

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com