Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Amazon Disebut Bakal Serahkan Harta Gana-gini Rp 536 Triliun ke Mantan Istri

Kompas.com - 01/07/2019, 11:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos dilaporkan bakal menyerahkan sekitar empat persen saham perusahaannya kepada mantan istri sebagai harta gana-gini.

Hakim diprediksi bakal bakal menandatangani dokumen legal penyerahan saham senilai 38 miliar dollar AS, sekitar Rp 536,4 triliun, atas nama MacKenzie Bezos.

Baca juga: Cerai dari Jeff Bezos, MacKenzie Bakal Donasikan Separuh dari Kekayaan

Sebagaimana diwartakan The Guardian Minggu (30/6/2019), jika terealisasi, dokumen itu bakal menjadi penyelesaian harta gana-gini termahal di dunia.

Rekor sebelumnya adalah 2,5 miliar dollar AS, atau Rp 35,2 triliun, ketika pengusaha Perancis-AS Alec Wildenstein bercerai dri Jocelyn pada 1999.

MacKenzie Bezos yang merupakan seorang penulis sekaligus filantropi itu bakal mencatatkan dirinya sebagai perempuan terkaya terkaya nomor empat di dunia.

Meski begitu, perempuan yang menikah denga Bezos pada 1993, setahun sebelum Amazon berdiri, sudah berjanji bakal mendonasikan separuh dari kekayaannya.

Penulis berusia 49 tahun itu berkata, dia mempunyai jumlah uang yang "tidak sepadan", dan berjanji bakal bekerja keras mendonasikannya hingga "brangkasnya kosong".

MacKenzie membuat deklarasi itu melalui surat kepada Giving Pledge, badan filantropi yang didirikan Warren Buffet dan Bill Gates yang menyerukan kepada para miliuner untuk menyisihkan separuh kekayaan.

Meski sudah menyerahkan empat persen saham, Bezos masih menorehkan diri sebagai orang terkaya dunia dengan kekayaan mencapai 118 miliar dollar AS, atau Rp 1.664 triliun.

Dia mengucapkan selamat kepada mantan istrinya itu terkait keputusannya untuk berdonasi melalui Giving Pledge melalui kicauannya di Twitter.

"MacKenzie bakal melakukan hal menakjubkan sekaligus efektif di dunia filantropi. Saya sangat bangga kepadanya. Suratnya sangat indah. Ayo MacKenzie," ujar Bezos.

Adapun Bezos memberikan 2 miliar dollar, atau Rp 28,2 triliun, melalui Bezos Day One Fund, badan yang membantu meningkatkan pendidikan di keluarga menengah ke bawah.

Baca juga: Mantan Istri CEO Amazon Janji Sumbangkan Setengah Kekayaannya untuk Amal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com