Kompas.com - 30/06/2019, 09:16 WIB

KOMPAS.com - Pihak militer menggunakan berbagai cara untuk bisa menjaga kedaulatan negara. Biasanya, persenjataan terbaik jadi andalan untuk menjaga pertahanan.

Tak hanya menggunakan pesawat terbang untuk kedaulatan udara, pihak militer juga menggunakan kapal perang untuk menjaga kedaulatan perairan.

Kapal perang ini menggunakan tenaga yang berbeda-beda dari dari listrik, diesel, hingga tenaga nuklir yang mempunyai ukuran yang beraneka macam.

Berikut adalah 6 kapal perang terbesar di dunia:

1. Izumo

Kapal induk pengangkut helikopter Izumo milik Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.SCMP / KYODO NEWS Kapal induk pengangkut helikopter Izumo milik Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Kapal perang ini digunakan militer Jepang, dan memiliki panjang sekitar 248 meter dan lebarnya 38 meter. Kapal ini digunakan secara resmi oleh jajaran Armada Bela Diri Maritim Jepang (MSDF).

Kapal perang Izumo dapat mengangkut hingga 28 pesawat dan menawarkan lima landasan pendaratan helikopter untuk lepas landas dan mendarat secara simultan.

Selain itu, ada ruang kargo untuk hingga 50 kendaraan. Kapal didukung oleh empat turbin gas menghasilkan 112.000 tenaga kuda dan dapat mencapai kecepatan hingga 30 knot.

Kapal yang memiliki harga sekitar 120 miliar yen atau setara 1,22 miliar yen ini juga pas untuk didarati pesawat tempur buatan AS, Osprey.

2. Kirov

Kapal Kirovmilitarymachine Kapal Kirov

Kapal perang ini milik militer Rusia, yang memiliki panjang sekitar 252 meter dan lebarnya 28,5 meter. Kirov didukung mesin bertenaga nuklir yang mampu mengeluarkan kekuatan hingga 140.000 tenaga kuda dengan turbin uap berbahan bakar minyak.

Dalam segi kecepatan, kapal ini mampu berlayar dengan kecepatan maksimal hingga 32 knot dengan daya jelajahnya maksimal 20 knot.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.