Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Pintu Darurat Pesawat Thai Lion Air, Penumpang China Ditangkap Polisi

Kompas.com - 29/06/2019, 21:41 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Seorang penumpang pria asal China dilaporkan ditangkap ketika membuka pintu darurat pesawat maskapai Thai Lion Air di Bangkok, Thailand.

Pesawat dengan nomor penerbangan SL940 itu awalnya dijadwalkan untuk bertolak dari Bandara Don Mueang menuju Wuhan yang merupakan ibu kota Provinsi Hubei.

Baca juga: Salah Mengira sebagai Toilet, Penumpang Pesawat Buka Pintu Darurat

Berdasarkan keterangan saksi dilaporkan Chutian Metropolis Daily via SCMP Sabtu (29/6/2019), pria itu mencapai pegangan pintu darurat dan menariknya ke bawah.

Segera saja penumpang lain berteriak kepada pria yang tak disebutkan identitasnya itu, dengan awak kabin berlari untuk mencegah perbuatan si penumpang.

Saksi mengungkapkan bahwa penumpang itu merasa ketakutan dan terus meminta maaf kepada awak kabin. Dia berkata tidak tahu jika tak diperbokehkan membuka pintu darurat.

Sementara seorang penumpang lain mengatakan polisi langsung memasuki pesawat setelah insiden itu, dan membawa si penumpang beserta barang bawaannya keluar pesawat.

"Untungnya pesawat itu belum lepas landas karena jika pria itu melakukannya di tengah penerbangan, semua orang bakal dalam bahaya," terang saksi itu.

Laporan itu tidak menyebutkan nama pria itu maupun apa yang terjadi dengannya setelah keluar dari pesawat. Pihak Thai Lion Air pun menolak berkomentar.

Terdapat beberapa laporan perilaku ganjil yang dilakukan penumpang China. Termasuk di antaranya adalah membuka pintu darurat dan melemparkan koin untuk nasib baik.

Pada April lalu, seorang pria di kawasan tengah China ditahan selama 10 hari setelah ketahuan melemparkan koin ke mesin pesawat yang hendak dinaikinya ke Wuhan.

Kepada polisi yang menangkapnya, penumpang itu mengaku dia melakukannya demi "nasib baik", seperti yang diperintahkan oleh sang ibu mertuanya.

Baca juga: Ingin Telepon Keluarga, Pria Ini Coba Buka Pintu Darurat Pesawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com