Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tegang dengan Iran, AS Kirim Jet Tempur Siluman F-22 ke Qatar

Kompas.com - 29/06/2019, 19:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat menyatakan telah menerjunkan jet tempur F-22 ke Qatar untuk pertama kalinya di tengah ketegangan dengan Iran.

Dilansir AFP Sabtu (29/6/2019), foto yang dirilis Komando Sentral (CENTCOM) memperlihatkan lima jet tempur F-22 Raptor terbang di atas Pangkalan Al Udeid Qatar.

Baca juga: Menentang Sanksi AS, China Tetap Beli Minyak dari Iran

"Angkatan Udara mengirim jet tempur F-22 Raptor untuk mempertahankan pasukan dan kepentingan AS," terang CENTCOM dalam rilis resmi tanpa menyebut berapa unit yang dikerahkan.

AS dan Iran terlibat dalam ketegangan panas sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 pada Mei tahun lalu, dan menjatuhkan sanksi.

Tensi itu semakin meningkat mengkhawatirkan ketika pekan lalu, Teheran mengklaim menembak jatuh drone Global Hawk dengan lokasi yang menjadi perdebatan.

Sejak saat itu, dua negara terlibat dalam perang komentar dengan Washington kembali menjatuhkan sanksi yang menyasar Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Iran sudah mengancam akan meninggalkan sebagian komitmen mereka dalam perjanjian 2015 jika negara besar seperti China dan Rusia tak membujuk AS mencabut sanksi.

Mei lalu, Pentagon mengirim pesawat pengebom strategis B-52 Stratofortress ke Teluk sebagai respons atas dugaan Iran bakal menyerang pasukan mereka di Timur Tengah.

Baca juga: Yakin Perang Melawan Iran Bakal Berlangsung Singkat Itu Mimpi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com