Kompas.com - 28/06/2019, 22:40 WIB

DHARAMSALA, KOMPAS.com - Dalai Lama menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai sosok yang kurang memiliki "prinsip moral".

Trump juga disebut oleh pemimpin spiritual Tibet itu sebagai seseorang yang memiliki emosi "sedikit rumit". Pernyataan itu disampaikan Dalai Lama dalam wawancara dengan BBC.

''Suatu hari dia mengatakan sesuatu, di hari lainnya dia mengatakan sesuatu. Tapi saya berpikir (ada) kurangnya prinsip moral," kata biksu Buddha berusia 83 tahun itu tentang presiden AS.

"Saat dia menjadi presiden, dia menyatakan 'Amerika yang Utama'. Itu tidak benar. Amerika mereka harus mengemban tanggung jawab global," lanjut Dalai Lama, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Tulis Berita Tentang Dalai Lama, Tiga Wartawan Nepal Diperiksa

Dalai Lama juga mengungkapkan pendapatnya tentang emosi Trump yang menurutnya "sedikit terlalu rumit".

Dalai Lama yang berbicara dari tempat pengasingannya di Dharamsala, India utara, turut mengungkapkan tentang calon penerusnya, yang tidak menutup kemungkinan adalah seorang wanita.

"Jika datang Dalai Lama wanita, maka dia seharusnya lebih menarik," ujar pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu kepada BBC.

Dalam wawancara yang luas, Dalai Lama juga menegaskan kembali pandangannya seputar imigrasi ke Eropa. Menurutnya, para pengungsi yang diizinkan tinggal sebaiknya hanya dalam "jumlah terbatas".

"Negara-negara Eropa seharusnya menerima para pengungsi ini dan memberi mereka pendidikan serta pelatihan untuk kemudian bertujuan kembali ke tanah kelahiran mereka sendiri," kata Dalai Lama.

Menurut Dalai Lama, kekhawatiran akan negara Eropa yang menjadi negara Muslim hampir tidak mungkin terjadi. Atau pun menjadi negara Afrika juga tidak mungkin terjadi.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.