Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Setan di Kota Kolombia, Uskup Ini Berniat Jatuhkan Air Suci Pakai Helikopter

Kompas.com - 28/06/2019, 18:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BUENAVENTURA, KOMPAS.com - Seorang uskup sebuah kota di Kolombia berencana melakukan cara unik untuk melaksanakan ritual pengusiran setan menggunakan air suci.

Monsignor Ruben Darion Jaramillo Montoya berencana meminjam helikopter milik angkatan laut untuk menjatuhkan air suci di seluruh wilayah kota Buenaventura.

Baca juga: Ratna Sarumpaet: Kebohongan yang Saya Lakukan Itu Perbuatan Setan

Diwartakan Daily Mirror Kamis (27/6/2019), Montoya berencana untuk melakukan ritual itu pada 14 Juli mendatang, atau bertepatan dengan hari raya santo pelindung kota.

Menurut uskup berusia 52 tahun itu dalam wawancara dengan radio lokal, dibutuhkan air suci dalam jumlah besar untuk membersihkan kota pelabuhan itu dari dosa.

"Kami ingin berkeliling seluruh dari udara di Buenaventura menggunakan helikopter dan menjatuhkan air sucinya untuk mengusir setan yang menghancurkan pelabuhan kami.

Menurut Montoya, dia harus menyingkirkan iblis di Buenaventura yang sudah menyebabkan begitu banyak kejahatan, tindakan korupsi, dan perdagangan narkoba.

"Sehingga, berkat Tuhan akan datang dan menyingkirkan semua kejahatan yang ada di jalan kita," ujar Uskup Montoya mengomentari pelabuhan tersibuk Kolombia itu.

Buenaventura menyangga sekitar 60 persen impor Kolombia. Meski begitu, kota tersebut juga menjadi sarang para geng kriminal yang mencoba menguasai pelabuhan.

Pada tahun lalu, terdapat 51 kasus pembunuhan di kota berpenduduk 333.000 jiwa itu. Geng paramiliter di sana dilaporkan menculik dan menyiksa warganya.

Apalagi pada 2010, rasio pembunuhan di Buenaventura mencapai 175,2 per 100.000 penduduk. Sekitar 24 kali lipat lebih banyak dari New York City di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Gelar Misa Perdana di Gereja Notre Dame, Uskup Agung Paris Pakai Helm Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com