Kompas.com - 28/06/2019, 14:49 WIB

OSAKA, KOMPAS.com - Sejak dilantik pada Januari 2017, pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disibukkan dengan tuduhan kemenangannya di Pilpres 2016 dibantu Rusia.

Karena itu, dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 di Osaka, Jepang, Trump mengangkat isu itu dengan gaya yang bercanda.

Baca juga: Ditanya Rencana Pembicaraan dengan Putin, Trump: Bukan Urusan Anda

"Jangan campuri Pilpres AS, presiden. Tolong jangan campuri," kelakar Trump dengan tersenyum kepada Putin, sebagaimana diwartakan AFP Jumat (28/6/2019).

Putin tidak menanggapi. Namun dia sempat menyeringai menanggapi komentar Trump setelah awak media bertanya apakah dia diperingatkan tentang pilpres 2020.

Trump mengatakan, dia sangat terhormat bisa bertemu dengan Putin. Kami mempunyai hubungan yang sangat, sangat bagus," terang dia.

Pertemuan di Osaka merupakan agenda bilateral pertama mereka sejak bertatap muka di Helsinki, Finlandia, pada tahun lalu yang kemudian menuai kecaman di AS.

Selama dua tahun ini, presiden dari Partai Republik itu dituduh dibantu Rusia dalam kemenangan di Pilpres 2016. Hingga digelar penyelidikan dipimpin Penasihat Khusus Robert Mueller.

Dari hasil investigasi, didapati terdapat kontak antara oknum Rusia dengan tim kampanye Trump. Namun, tidak ditemukan bukti adanya sebuah rencana dari kontak itu.

Adapun jelang pertemuan dengan Putin, Trump sempat menepikan pertanyaan dari wartawan tentang agenda apa yang dia bawa saat bertemu presiden 66 tahun itu.

"Apa yang akan saya katakan kepada dia bukanlah urusan Anda," tegas presiden ke-45 dalam sejarah AS tersebut saat berada di Gedung Putih.

Baca juga: Trump Umumkan Kembali Maju dalam Pilpres AS 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.