Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Sanksi AS kepada Pemimpin Tertinggi Kami Sia-sia

Kompas.com - 25/06/2019, 19:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Al Arabiya

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rouhani berkomentar, sanksi Amerika Serikat (AS) kepada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei tidak berguna.

Pernyataan itu dia sampaikan dalam siaran langsung televisi setelah Presiden Donald Trump mengumumkan dia sudah menandatangani perintah eksekutif Senin (24/6/2019).

Baca juga: Presiden Iran: AS Menderita Keterbelakangan Mental

Dalam perintah eksekutif itu, selain menjatuhkan sanksi kepada Khamenei, AS juga memberikan hukuman kepada Menteri Luar Negeri Mohammed Javad Zarif dan komandan Garda Revolusi.

"Pemberian sanksi kepada Pemimpin Tertinggi Khamenei bakal sia-sia karena beliau tidak punya aset di luar negeri," kata Rouhani dikutip Al Arabiya Selasa (25/6/2019).

Rouhani menyebut pengumuman sanksi itu menunjukkan bahwa AS sudah putus asa. "Gedung Putih mengalami keterbelakangan mental. Kesabaran Iran bukan berarti kami takut," tegasnya.

Selain itu, Rouhani menganggap sanksi yang ditujukan kepada Zarif menunjukkan Washington tengah berbohong tentang menawarkan perundingan kepada mereka.

"Di saat kalian (AS) menawarkan perundingan, kalian juga menjatuhkan sanksi kepada menteri luar negeri? Jelas bahwa kalian bohong," terang Rouhani.

Komentar Rouhani muncul setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan bahwa Washington membuka pintu untuk bertemu dan bernegosiasi.

"Namun sebagai tanggapan, sikap diam Iran begitu memekakkan telinga," ucap Bolton dalam pernyataan resmi di sela kunjungan ke Yerusalem, Israel.

Dalam konferensi pers, Trump menjelaskan sanksi itu dijatuhkan kepada Khamenei karena dia dituduh bertanggung jawab atas "sikap permusuhan" yang ditunjukkan Iran.

Karena itu, Trump menuturkan sanksi bakal mencegah Khamenei maupun rezimnya untuk mendapatkan akses utama kepada sumber finansial maupun dukungan.

"Iran tidak akan bisa mendapatkan senjata nuklir. Mereka adalah negara pendukung terorisme nomor satu di berbagai tempat di dunia ini," beber Trump.

Baca juga: Dubes Iran: Tujuan Utama AS adalah Jual Senjata ke Timur Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com