Kompas.com - 25/06/2019, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan bidang aviasi ditandai dengan perlombaan terbang menuju lokasi tertentu. Kendala utama bukan karena faktor angin dan cuaca, melainkan faktor bahan bakar.

Pesawat dengan kapasitas bahan bakar kecil tak bisa terbang maksimal, maka harus mengisi bahan bakar di daratan.

Setelah itu, muncul cara yang lebih efisien untuk bisa mengisi bahan bakar di udara, agar pesawat tidak harus turun ke daratan. Sejak keberhasilan pengisian bahan bakar pesawat di udara untuk kali pertama oleh pesawat biplane DH-4B, teknologi ini terus dikembangkan.

Bukan hanya teknologi, melainkan pesawat khusus pengisi bahan bakar dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Berikut adalah pesawat pengisi bahan bakar terbesar dunia:

1. KC-10 Extender

KC-10 ExtenderMilitary.com KC-10 Extender

KC-10 Extender merupakan varian pesawat yang berguna untuk transportasi militer. Pesawat ini berfungsi sebagai penyalur bahan bakar atau tanker udara bagi pesawat ketika dalam layanan penerbangan.

Dalam setiap penerbangannya, pesawat ini bisa membawa 160 ton bahan bakar, 74 personel dan 76.560 kilogram kargo.

Pesawat ini memiliki panjang sekitar 54,4 meter dengan rentang sayap 50 meter. Extender memiliki ketinggian 17,4 meter dengan mesin General Electric CF6-50C2 turbofan.

Melalui mesin tersebut, pesawat bisa melau dengan kecepatan maksimum hingga 996 kilometer per jam dengan jangkatan 7.032 kilometer.

Extender dilengkapi dengan tiga tangki bahan bakar sayap utama dan tiga tangki bahan bakar besar di bawah kargo. Operator bisa mengisi bahan bakar dengan menggunakan sistem digital.

KC-10 mentransfer bahan bakar dengan kecepatan maksimum 4.180 liter per menit melalui pengisian bahan bakar di udara dan dapat menghasilkan 1.786L liter per menitmenggunakan sistem pengisian selang dan bahan bakar drogue.

Pesawat ini dilengkapi dengan pengurangan beban otomatis dan sistem pelepasan otonom untuk meningkatkan keselamatan selama operasi pengisian bahan bakar udara.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Saat Bahan Bakar Pesawat Diisi di Udara untuk Kali Pertama

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.