Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[FAKTA] Pengemudi GrabFood Pakai Motor Ducati Rp 240 Juta

Kompas.com - 25/06/2019, 14:11 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

KOMPAS.com - Seorang pengemudi GrabFood asal Malaysia, Khairi Fazil bin Abdullah, menjadi viral akibat unggahan video saat dia tengah mengantre membeli makanan sambil membawa motor Ducati di lapak Lemang Kemensah, Malaysia.

Adapun, video tersebut banyak beredar di media sosial pada 19 Juni 2019.

Mengetahui banyaknya warganet yang merespons, pria yang akrab disapa Herry itu menceritakan alasannya menggunakan Ducati untuk mengantarkan pesanan.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Herry mengunggah video yang menampilkan dirinya sedang antre pesanan di lapak Lemang Lemensah, Malaysia di akun Twitternya, HerrySevani, @HerySevani pada Rabu, (19/6/2019).

Dalam video berdurasi 14 detik ini, Herry juga menyoroti motor Ducati Hypermotard 821 berwarna merah-hitam.

Di atas motor itu, ada tas GrabFood yang berisi lemang atau makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu yang dibakar.

"Customer nak lemang, aku beli kan lemang. Jangan takut kalau order dengan aku-aku buat penghantaran paling cepat dari orang lain (Jika pelanggan ingin lemang, aku belikan lemang. Jangan takut pesan meski proses pengantaran lebih cepat dari orang lain)," tulis Herry dalam unggahannya.

Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton sebanyak 131.000 kali, dire-tweet sebanyak 4.659, dan disukai 4.107 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Setelah video itu viral di media sosial, ada juga netizen yang seperti tidak percaya bahwa motor Ducati digunakan untuk GrabFood. Ada yang menduga bahwa video itu hoaks.

Menanggapi videonya yang banyak beredar di media sosial, Herry memberi penjelasan. Dia mengungkapkan bahwa alasannya pakai motor Ducati karena ingin membantu mengantarkan pesanan teman-temannya.

"Aku pakai Ducati Hypermotard 821 itu buat Grab, karena ingin cepat (dalam menerima dan mengantarkan pesanan) dan membantu teman-teman," ujar Herry saat dihubungi Kompas.com pada Senin (24/6/2019).

Kemudian, ia mengaku bahwa ada kliennnya yang ingin memesan makanan, namun tidak ingin lama menunggu. Oleh karena itu, mereka menghubungi Herry untuk mengantarkan makanan itu.

"Kalau ordernya jauh kan perjalanan lama. Kalau pakai Ducati ini bisa sedikit lebih cepat," ujar Herry.

Tidak hanya makanan, Herry juga mampu mengantarkan barang-barang apa pun, seperti barang pribadi, jikalau klien tidak punya kendaraan untuk mengantarkan.

Diketahui, Herry sudah tiga tahun memiliki motor Ducati Hypermotard 821. Ia mengatakan bahwa pada saat itu ia membelinya dengan harga 70.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 240 juta.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com