Kompas.com - 25/06/2019, 14:11 WIB
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

KOMPAS.com - Seorang pengemudi GrabFood asal Malaysia, Khairi Fazil bin Abdullah, menjadi viral akibat unggahan video saat dia tengah mengantre membeli makanan sambil membawa motor Ducati di lapak Lemang Kemensah, Malaysia.

Adapun, video tersebut banyak beredar di media sosial pada 19 Juni 2019.

Mengetahui banyaknya warganet yang merespons, pria yang akrab disapa Herry itu menceritakan alasannya menggunakan Ducati untuk mengantarkan pesanan.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Herry mengunggah video yang menampilkan dirinya sedang antre pesanan di lapak Lemang Lemensah, Malaysia di akun Twitternya, HerrySevani, @HerySevani pada Rabu, (19/6/2019).

Dalam video berdurasi 14 detik ini, Herry juga menyoroti motor Ducati Hypermotard 821 berwarna merah-hitam.

Di atas motor itu, ada tas GrabFood yang berisi lemang atau makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu yang dibakar.

"Customer nak lemang, aku beli kan lemang. Jangan takut kalau order dengan aku-aku buat penghantaran paling cepat dari orang lain (Jika pelanggan ingin lemang, aku belikan lemang. Jangan takut pesan meski proses pengantaran lebih cepat dari orang lain)," tulis Herry dalam unggahannya.

Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton sebanyak 131.000 kali, dire-tweet sebanyak 4.659, dan disukai 4.107 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Setelah video itu viral di media sosial, ada juga netizen yang seperti tidak percaya bahwa motor Ducati digunakan untuk GrabFood. Ada yang menduga bahwa video itu hoaks.

Menanggapi videonya yang banyak beredar di media sosial, Herry memberi penjelasan. Dia mengungkapkan bahwa alasannya pakai motor Ducati karena ingin membantu mengantarkan pesanan teman-temannya.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.