Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Setahun, "Hachiko Argentina" Ini Setia Tunggui Majikan yang Dipenjara

Kompas.com - 23/06/2019, 19:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Sheila, seekor anjing berjenis Golden Retriever, telah melelehkan hati jutaan warga Amerika Selatan dan mendapat julukan "Hachiko Argentina".

Sebabnya, dia dengan setia menunggu di luar sebuah kantor polisi lokal sejak pemiliknya dilaporkan mendekam dalam penjara selama satu tahun terakhir.

Anjing setia itu pertama kali diberitakan mulai terlihat kantor polisi 25 de Mayo, kota kecil di Provinsi Buenos Aires, segera setelah pemiliknya dipenjara karena kasus penyerangan 2018 lalu.

Baca juga: Mirip Kisah Hachiko, Anjing Ini Setia Menanti Pemiliknya di Stasiun

Dilaporkan Oddity Central, polisi setempat meyakini Sheila pastinya mengikuti mobil patroli di mana si pemilik berada. Namun sejak tiba, Sheila tak pernah meninggalkan tempatnya.

Tidak butuh waktu lama bagi polisi di sana mengetahui kesetiaan si anjing. Beberapa di antara polisi itu membawakan makanan untuk mendapatkan kepercayaannya.

Awalnya, Sheila bersikap waspada. Namun dia mulai luluh dan kini mendapatkan makanan dari para polisi dan tidur di markas mereka ketika malam tiba.

Terkadang, dia mengikuti polisi yang merawatnya berpatroli. Namun dia segera kembali ke tempatnya berdiri untuk menunggu majikannya yang berada di tahanan.

Wakil Komisioner Juan Jose Martini kepada Tucumanalas7 News berkata, anjing yang diperkirakan berusia 4-5 tahun itu segera mendapat kasih sayang dari anggotanya.

"Hari ini, dia merupakan bagian dari keluarga kami dan telah menyesuaikan diri dengan baik sehingga tatkala anggota kami patroli, dia mengikuti mereka," kata Martini.

Para polisi di sana pun terkesan akan kesetiaan dan cinta yang diberikan Sheila kepada pemiliknya. Jadi, mereka mengizinkan si pemilik untuk bermain dengannya.

Bahkan dari waktu ke waktu, Sheila diizinkan untuk tidur di luar sel si manjikan. "Sangat indah. Dia selalu datang untuk menengok pemiliknya," kata salah satu polisi.

Beberapa bulan lalu, Sheila dilaporkan diserang oleh anjing berjenis bulldog. Seorang polisi yang melihatnya segera membawanya ke klinik hewan terdekat.

Di sana, dia dirawat selama 15 hari dengan seluruh biaya pengobatan ditanggung markas. Untungnya, dia segera pulih dan bisa kembali ke tempatnya menunggu.

"Saya yakin ketika nantinya si pemilik dibebaskan dari penjara, dia bakal pulang ke rumah. Di saat itulah kami bakal merindukan dia," tutur Martini.

Meski begitu, mereka masih bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama Sheila. Pasalnya, pemiliknya itu mendapatkan hukuman 3,5 tahun penjara.

Baca juga: Setelah 90 Tahun, Akhirnya Hachiko Bertemu Tuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com