Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Dapat Surat "Istimewa" dari Trump

Kompas.com - 23/06/2019, 10:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mendapat sepucuk surat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang membahagiakannya.

Media Korut KCNA memberitakan sebagaimana dikutip AFP Sabtu (22/6/2019), Kim merasa "puas" karena surat itu berisi isi yang sangat "istimewa".

Baca juga: Ketika Xi Jinping Hadir di Kisah Cinta Trump dan Kim Jong Un

Dalam pemberitaan itu, Kim mengatakan dia sangat menghargai penilaian politik dan keberanian luar biasa yang ditunjukkan oleh Presiden Trump.

"Karena itu, Kim Jong Un menuturkan bahwa akan serius merenungkan isi surat yang begitu menarik itu," demikian laporan KCNA tanpa mencantumkan isi surat.

Negosiasi antara AS dan Korut soal denuklirisasi mengalami kebuntuan pasca-pertemuan kedua Kim dan Trump di Hotel Metropole Hanoi, Vietnam, Februari lalu.

Dalam pertemuan selama dua hari itu, Kim dan Trump tidak menghasilkan keputusan apapun karena perbedaan sikap soal pencabutan sanksi dan timbal balik dari Korut.

Sebelum tumbangnya perundingan itu, Trump selalu mengatakan dia mempunyai hubungan yang luar biasa dengan Kim. Bahkan dia berujar telah "jatuh cinta".

Meski begitu, Kim menerima kunjungan simbolis Presiden China Xi Jinping ke Pyongyang, kunjungan pertama selama 14 tahun terakhir, selama dua hari.

KCNA melansir, Kim menyatakan kunjungan Xi untuk menunjukkan tentang persahabatan China dan DPRK (nama resmi Korut) yang tak berubah dan sempurna kepada dunia.

Para analis menjelaskan Xi menggunakan kunjungan itu untuk menunjukkan kepada Trump pengaruhnya terhadap Kim sepekan jelang KTT G20 di Osaka, Jepang.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Disambut di Makam Kakek dan Ayah Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com