Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi Jadi PM Inggris, Boris Johnson Ditunggu Jeremy Hunt

Kompas.com - 21/06/2019, 14:11 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber BBC,Politico


LONDON, KOMPAS.com — Peluang mantan Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson menjadi perdana menteri kini semakin besar.

Hasil pemungutan suara internal Partai Konservatif memastikan eks Wali Kota London itu melenggang ke tahap akhir yang bakal ditentukan oleh 160.000 anggota partai.

Dikutip dari BBC, Johnson meraih 160 dari 313 suara di putaran kelima pemilihan yang digelar Kamis (20/6/2019) sore waktu setempat.

Baca juga: Ketidakpastian Brexit Ancam Iklim Investasi Inggris

Di final, Menlu Jeremy Hunt yang notabene adalah suksesor Johnson bakal menantangnya setelah unggul tipis dari Menteri Lingkungan, Pangan, dan Urusan Rural Michael Gove.

Hunt memperoleh 77 suara, sementara Gove mendapat dukungan dari 75 kolega partai di Parlemen Inggris.

Favorit kuat

Status favorit Johnson memang terlihat sejak awal pemilihan. Politisi berusia 55 tahun itu selalu unggul telak di lima putaran pemilihan.

Tidak sekali pun sembilan kandidat lain bisa mendekati perolehan suaranya. Dia unggul 100 suara dari pesaing dekat dan meraih dukungan separuh kolega partai.

Kunci kemenangannya ialah pemilih akar rumput Partai Konservatif didominasi anggota dengan posisi politik seperti Johnson, yakni skeptis terhadap keanggotaan Inggris di Uni Eropa (UE).

Johnson merupakan arsitek utama sekaligus pemimpin kampanye Leave pada referendum 2016 agar Inggris meninggalkan UE (Brexit).

Dengan tegas, Johnson menyatakan bakal menyelesaikan masalah Brexit yang sudah membelah politik Inggris selama tiga tahun terakhir.

Dia berjanji akan membawa keluar Inggris dari UE pada 31 Oktober dengan atau tanpa kesepakatan Brexit.

Janjinya untuk tetap keluar tanpa kesepakatan memicu kontroversi, bahkan dari sejumlah koleganya karena khawatir bisa memicu huru-hara politik, sosial, hingga ekonomi Inggris.

Sementara Parlemen Inggris telah mengindikasikan bakal berusaha mencegah segala usaha untuk keluar tanpa kesepakatan tersebut.

Namun, posisi politik ini didukung mayoritas pemilih akar rumput yang sudah tidak sabar menginginkan hasil referendum segera diimplementasikan tanpa basa-basi.

Hunt pun menyadari underdog yang disandangnya ketika melawan Johnson. Tetapi, dia yakin kejutan bisa terjadi.

Baca juga: Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris Berikutnya

Halaman:
Sumber BBC,Politico
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com