Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Berburu Monyet, Seekor Macan Tutul Ditemukan Mati Tersetrum

Kompas.com - 21/06/2019, 14:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

GURUGRAM, KOMPAS.com - Seekor macan tutul ditemukan warga mati tergantung di atas kabel listrik bertegangan tinggi di desa Mandawar, Gurugram, India.

Macan tutul itu diduga mati tersetrum setelah tidak sengaja menyentuh kabel listrik yang membentang di dekat sebuah pohon tinggi.

Petugas Divisi Hutan Gurugram, Shyam Sunder Kaushik, mengatakan pihaknya menerima laporan warga terkait temuan bangkai macan tutul itu pada Kamis (20/6/2019) pagi, sekitar pukul 8.30 waktu setempat.

"Ini jelas kasus tersetrum. Kami tidak melihat adanya tindak pelanggaran," ujar Sunder dikutip The Hindu.

"Tampaknya kucing besar itu tidak sengaja menyentuh kabel listrik tegangan tinggi saat mengejar mangsa, kemungkinan besar seekor kera."

Baca juga: Bocah 14 Tahun Berkelahi Melawan Macan Tutul untuk Selamatkan Adiknya

"Bagian wajah macan tutul itu tampak hangus karena terbakar," tambahnya.

Sunder mengatakan bangkai macan tutul itu segera diturunkan dari kabel dan kemudian dibawa untuk dilakukan pemeriksaan pascakematian.

Bangkai macan tutul ditemukan warga tergantung di kabel listrik bertegangan tinggi di desa Mandawar, Gurugram, Kamis (20/6/2019).INDIA TODAY / ANI Bangkai macan tutul ditemukan warga tergantung di kabel listrik bertegangan tinggi di desa Mandawar, Gurugram, Kamis (20/6/2019).
Menurutnya, macan tutul yang mati itu berusia sekitar dua tahun. "Kami telah membawa bangkai macan tutul itu untuk diperiksa," kata Sunder.

Macan tutul tersebut diyakini datang dari wilayah pegunungan Aravalli yang dekat dengan desa-desa.

Hewan predator itu dilaporkan warga memang kerap masuk ke permukiman dan tersesat saat hendak berburu mangsa atau mencari air.

Jika telah bersinggungan dengan warga, macan tutul itu kerap berakhir dengan kematian, baik karena kecelakaan di jalan yang ramai atau akibat dipukuli oleh penduduk desa.

Baca juga: Anak Staf Taman Nasional di Afrika Selatan Tewas Diserang Macan Tutul

Sebanyak 10 ekor macan tutul liar dilaporkan mati di Gurugram dan Faridabad dalam empat tahun terakhir.

Perbukitan Aravalli membentang dari wilayah Cagar Alam Asola Bhatti di New Delhi hingga kawasan Taman Nasional Sariska di Rajasthan, melalui distrik Faridabad, Gurgaon, dan Mewat, yang dikenal sebagai koridor satwa liar yang penting.

Para pecinta lingkungan telah berjuang sejak lama untuk menuntut kawasan Aravalli di Haryana dinyatakan sebagai hutan lindung demi melindungi satwa di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com