Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berencana Serang Gereja, Pengungsi Suriah di AS Ditangkap

Kompas.com - 20/06/2019, 13:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang pengungsi Suriah di Aemrika Serikat (AS) ditangkap setelah berencana menyerang gereja atas nama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Mustafa Mousab Alowemer sampai di AS sebagai pengungsi pada Agustus 2016. Dia merencanakan serangan terhadap gereja di North Side, dekat Pittsburgh, Pennsylvania.

Baca juga: Anggota ISIS Berjuluk The Beatles Mengaku Menyesal dan Minta Maaf

Kabar itu disampaikan Wakil Jaksa Agung John Demers dan Jaksa Penuntut Federal Pittsburgh Scott Brady mengatakannya dalam rilis resmi Rabu (19/6/2019).

Michael McGarrity, penyelidik dari divisi kontraterorisme FBI berujar, aksi yang dilakukan pemuda 21 tahun itu bisa melukai dan membunuh banyak orang.

"FBI merespon ancaman terhadap gereja dan tempat ibadah lainnya secara serius. Kami akan mengerahkan semua sumber daya untuk mencegah serangan teroris," tegas McGarrity.

Dalam dokumen pengadilan, Alowemer disebut menyerahkan dokumen berisi rencana berisi jenis peledak yang dipakai kepada agen FBI yang menyamar sebagai simpatisan ISIS.

Agen yang menyamar itu kemudian berkontak dengan Alowemer melalui media sosial di mana Alowemer menyatakan dukungan terhadap ISIS. Keduanya bertemu selama empat kali sejak April.

Dilansir AFP Kamis (20/6/2019), diyakini dia menuliskan 10 poin rencana dia sendiri yang berniat membawa bom dan meledakannya kawasan gereja.

Dalam keterangan Kementerian Kehakiman, Alowemer berencana untuk bertemu dengan si agen FBI untuk terakhir kalinya sebelum dia melakukan aksinya Juli.

Alowemer dijerat dengan tuduhan menyediakan dukungan bagi organisasi teroris, dan dua dakwaan menyebarkan informasi soal senjata pemusnah massal.

Kabar penangkapan itu terjadi sejak penembakan yang terjadi di sinagoge Pittsburgh Oktober 2018 yang menewaskan 11 orang, dan menjadi serangan mematikan terhadap Yahudi di AS.

Baca juga: Angkatan Laut AS Kirim Kapal Rumah Sakit untuk Bantu Pengungsi Venezuela

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com