Kompas.com - 19/06/2019, 20:36 WIB

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Pemerintah ibu kota Etiopia berencana untuk melarang penggunaan sepeda motor di kota itu mulai bulan Juli.

Larangan tersebut sebagai upaya untuk mengekang tindak kejahatan penjambretan dan perampokan, yang sering kali pelaku mengendarai sepeda motor.

Wali kota Addis Ababa, Takele Uma, mengatakan jika sepeda motor telah banyak digunakan dalam tindak kejahatan dan kota itu akan melarang sepada motor mulai 7 Juli mendatang.

"Pengecualian dimungkinkan untuk mereka yang menjalankan bisnis berlisensi dengan sepeda motor dan mereka yang menggunakan sepeda motor untuk pengantar pos."

Baca juga: Demi Keselamatan, 1 Sepeda Motor Hanya untuk 2 Orang

"Juga untuk sepeda motor yang berafiliasi dengan kedutaan," kata wali kota kepada wartawan.

Dilansir AFP, Addis Ababa, sebuah kota berpenduduk sekitar lima juta umumnya dianggap aman untuk penduduk lokal maupun orang asing.

Namun belakangan semakin banyak kejahatan dengan kekerasan yang melibatkan tersangka yang menggunakan sepeda motor maupun mobil telah meningkatkan kewaspadaan.

Wali kota mengatakan, larangan tersebut diusulkan setelah hasil studi kegiatan kriminal di kota itu menemukan sejumlah besar tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan sepeda motor.

Takele mengatakan, pemerintah kota Addis Ababa juga akan memberlakukan larangan perjalanan oleh sebagian besar kendaraan kargo di kota pada siang untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Nyaris Tewas, George Clooney Jadi Alergi Sepeda Motor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.