Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Kunjungan Presiden Ukraina, Kanselir Jerman Kejang-kejang

Kompas.com - 19/06/2019, 09:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,Sky News

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel membuat publik khawatir ketika menerima kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Berlin Selasa (18/6/2019).

Kanselir 64 tahun itu tengah berdiri di samping Zelensky dengan band militer memainkan lagu kebangsaan dua negara ketika kamera merekamnya kejang-kejang.

Baca juga: Polisi Buru Penjual Obat yang akibatkan 4 Pemuda Kejang-kejang Setelah Minum Kopi

Di tengah suhu yang mencapai 28 derajat Celsius seperti dilaporkan Sky News, Merkel mulai kejang-kejang beberapa detik kemudian dengan bibor mengatup.

Dia berusaha mengendalikan situasi dengan pandangan menatap lurus ke depan. Momen selanjutnya, dia mulai lebih baik dan dengan cepat berjalan menyusuri karpet merah.

Dalam konferensi pers dikutip BBC, Merkel mengatakan dia mengalami dehidrasi sehingga membuat tubuhnya bergetar. "Saya minum tiga gelas air. Jadi rasanya lebih baik," paparnya.

Sementara Zelensky yang terpilih sebagai presiden pada Mei lalu bergurau, dia bakal segera menyelamatkannya jika tahu sang kanselir bakal kejang-kejang.

"Dia berdiri tepat di sebelah saya dan sepenuhnya baik-baik saja," ujar presiden yang sbeelumnya merupakan seorang aktor sekaligus pelawak itu.

Merkel kemudian menjelaskan bahwa dia dan Zelensky membicarakan isu bilteral. Termasuk di dalamnya proses perdamaian Minsk dalam kunjungan perdana Zelensky.

Tidak diketahui apakah Merkel mempunyai masalah kesehatan. Namun DPA memberitakan ini bukan kali pertama pemimpin berpengaruh Eropa itu kejang di cuaca panas.

Laporan itu tidak memberitakan detil kapan dan di mana Merkel mengalaminya. Namun Merkel saat itu juga menyatakan dia mengalaminya karena kurang air putih.

Pada 2014, Merkel sempat menunda wawancara televisi setelah merasa lemah. Namun juru bicaranya mengonfirmasi dia kembali pulih setelah makan dan minum.

Baca juga: Selamatkan Balita Kejang-kejang, Polisi Ini Dapat Penghargaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Sky News


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com