Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkekuatan 6,8 Landa Jepang, Picu Peringatan Tsunami

Kompas.com - 18/06/2019, 21:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters,AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6,8 melanda wilayah pantai barat laut Jepang, sekitar prefektur Niigata, pada Selasa (18/6/2019). Getaran gempa yang cukup kuat memicu peringatan tsunami setinggi satu meter.

Diberitakan Reuters, gempa terjadi sekitar pukul 22.22 malam waktu setempat. Badan meteorologi Jepang mencatat pusat gempa berada 85 kilometer timur laut lepas pantai Niigata dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatatkan gempa berkekuatan 6,5.

Belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa karena jaringan telekomunikasi ke daerah yang diduga paling parah terputus, menurut kantor penyiaran publik, NHK.

Baca juga: Lima Orang Terluka akibat Gempa 6,1 Magnitudo di Panama

Pemerintah setempat juga langsung menghentikan layanan kereta peluru di kawasan terdampak sebagai tindakan pencegahan. Sekitar 200 rumah tangga diperkirakan kehilangan pasokan listrik.

Badan meteorologi mengatakan gelombang setinggi satu meter telah mencapai garis pantai Yamagata dan Niigata di barat laut Jepang.

NHK melaporkan pembangkit tenaga nuklir Kashiwazaki-Kariwa yang dikelola Tokyo Electric Power tidak terdampak dan tujuh reaktornya telah dimatikan.

Jepang termasuk salah satu negara dengan tingkat kegempaan dan letusan gunung berapi tertinggi di dunia karena berada di Cincin Api Pasifik.

Sebelumnya, pada Senin (17/8/2019) malam, gempa berkekuatan 6,0 dilaporkan melanda kawasan barat daya China, menimbulkan korban tewas 12 orang dan lebih dari 100 lainnya luka-luka.

Gempa itu menghantam luar kota Yibin, Provinsi Sichuan, dengan Pusat Jaringan Gempa China mengkonfirmasi kedalamannya berada di 16 kilometer.

Delapan dari 11 korban tewas ditemukan di Changning County. Sementara sisanya berada Qixian County berdasarkan keterangan pemerintah Yibin di Weibo.

Baca juga: China Diguncang Gempa Berkekuatan 6.0, 11 Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com