Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perampok Ini Todongkan Pisang ke Arah Pegawai Bank

Kompas.com - 18/06/2019, 13:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

DORSET, KOMPAS.com - Seorang pria di Inggris mendapat hukuman penjara 14 bulan setelah melakukan perampokan menggunakan, alih-alih pistol, sebuah pisang.

Pada 25 Maret lalu, Laurence Vonderdell membungkus pisang itu ke dalam kantong plastik berwarna oranye dan berpura-pura menjadikannya pistol di Barclays Bank, Dorset.

Baca juga: Kisah Kakek Derih yang Puluhan Tahun Berjualan Pisang di Trotoar Aceh

Ketika sampai di teller perempuan, dia langsung menodongkan pisangnya. "Ini sudah terisi dan berbahaya. Cepat berikan saya uang," kata Vonderdell dikutip Newsweek Senin (17/6/2019).

Perampok 50 tahun itu kemudian lari dengan tas berisi uang senilai 1.100 poundsterling, atau sekitar Rp 19,7 juta. Namun setelah itu, dia menyerahkan diri ke polisi.

Dalam sidang di Bournemouth, Kepolisian Dorset mengatakan Vonderdell mengaku bersalah atas dakwaan perampokan dan "kepemilikan senjata palsu".

Detektif Andy Hale kepada wartawan menuturkan, terdapat insiden tidak mengenakkan melibatkan teller. "Meski, dia langsung menyerah dan uangnya kami amankan," ujarnya.

Ini bukan kali pertama perampok menggunakan buah untuk melakukan aksinya. Bulan lalu, seorang pria Israel merampok dua bank di Beersheba menggunakan alpukat.

Dia menggunakannya seolah granat tangan. Warga desa Bedouin yang tidak disebutkan namanya itu kabur setelah membawa uang sekitar 30.000 shekel, atau Rp 119 juta.

Insiden pada pertenghan Mei itu berlangsung ketika si perampok datang ke pusat perbelanjaan dan langsung menuju kasir seraya menyodorkan jumlah uang yang diminta.

"Cepat lakukan permintaan saya. Masukkan uangnya ke dalam tas. Jika tidak, saya akan meledakkan granat ini," ancam si perampok ketika kasir menolaknya.

Meski wajahnya ditutupi kacamata hitam dan topi, ponselnya mampu menuntun polisi kepadanya. Diketahui, alpukat itu dicat hitam sehingga mirip granat.

Baca juga: Supermarket di Bali Pakai Daun Pisang sebagai Pengemas Sayuran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com