Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan di Perayaan Juara Klub NBA Toronto Raptors, 2 Orang Terluka

Kompas.com - 18/06/2019, 07:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TORONTO, KOMPAS.com - Kebahagiaan masyarakat Toronto, Kanada, ketika ikut dalam parade kemenangan klub basket mereka, Toronto Raptors, berubah menjadi jeritan saat penembakan terjadi.

Kerumunan yang diprediksi berjumlah satu juta orang menyemut di jalan hingga Nathan Phillips Square merayakan gelar juara mereka di pentas Liga Basket AS (NBA).

Baca juga: Tersangka Penembakan Masjid di Christchurch Menolak Semua Tuduhan

Namun sebagaimana dilansir Daily Mirror Senin (17/6/2019), momen menyenangkan itu berubah jadi kepanikan setelah ada yang melepaskan tembakan.

Dalam keterangan di Twitter, polisi menyatakan dua orang mengalami luka serius. Dua pelaku langsung ditangkap dengan senjata mereka diamankan dalam insiden sekitar pukul 16.00 waktu setempat itu.

Acara perayaan itu mengalami penundaan selama dua jam dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bergabung dalam perayaan, seperti dikutip AFP.

"Fans Raptors, kalian sudah menunjukkan seperti apa Kanada itu. Yakni merupakan tanah dari orang-orang percaya," tutur Trudeau kepada masyarakat di Nathan Phillips Square.

Seorang pejalan kaki kepada Toronto Star mengatakan dia tengah berdiri di antara kerumunan ketika mendengar seperti bunyi meletup dan bergegass menyelamatkan diri.

"Kami melihat ada perempuan terinjak-injak. Ada ibu hamil jatuh. Kami juga melihat ada anak terinjak-injak dengan orangtua berusaha menyelamatkan mereka," kata si pejalan kaki.

Raptors mengamankan gelar juara pertamanya setelah mengalahkan juara bertahan Golden State Warriors 114-110 dengan hasil akhir 4-2 di final berformat best of seven.

"Sangat mengagumkan," kata ujar Kawhi Leonard. "Semua warga keluar. Saya tidak yakin mereka bekerja. Terima kasih Kanada untuk dukungannya," lanjutnya.

Guard Kyle Lowry menuturkan mereka sampai tidak percaya dengan pencapaian mereka. "Ini mengapa kami ingin menjadi juara. namun tujuan kami masih belum sampai," terangnya.

Baca juga: Kasus Penembakan 2 Anggota TNI oleh Oknum Polisi Berakhir Damai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com