Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkekuatan 7,4 Guncang Wilayah Kepulauan di Selandia Baru

Kompas.com - 16/06/2019, 07:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WELLINGTON, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 7,4 tercatat mengguncang kawasan kepulauan tak berpenghuni di Kermadec, Selandia Baru, Minggu (16/6/2019) pagi.

Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS), guncang terasa sekitar pukul 10.55 pagi waktu setempat, dengan pusat gempa di sekitar 928 kilometer utara timur laut kota Tauranga di Pulau Utara. Kedalaman gempa tercatat di 34 kilometer.

Kementerian Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat sempat mengeluarkan peringatan tsunami. Tetapi tak lama berselang telah membatalkan ancaman gelombang tinggi yang diyakini tidak akan mencapai pantai.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga sempat mengumumkan gelombang tsunami diperkirakan terjadi pada jarak radius 300 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai pulau-pulau Kermadec.

Baca juga: Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Badai, Gempa Bumi, dan Banjir

Namun Kementerian Pertahanan Sipil yang melakukan penilaian ancaman tsunami bersama GNS Science mengatakan bahwa hanya informasi yang dikeluarkan instansi pemerintah yang mewakili status resmi untuk Selandia Baru.

Sebelumnya, dilansir AFP, sebuah gempa berkekuatan 6,1 juga terjadi di pulau Pasifik Tonga, Sabtu (15/6/2019) malam, dengan pusat sekitar 97 kilometer timur laut Ohonua. USGS mencatat kedalaman gempa sekitar 10 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengeluarkan peringatan. Juga tidak segera ada laporan mengenaik kerusakan maupun korban akibat gempa.

Pusat gempa dilaporkan berada di dalam Cincin Api Pasifik, yang kerap terjadi aktivitas seismik.

Baca juga: Ahli Gempa BMKG: Mei 2019 adalah Bulan Teduh Gempa, Apa Maksudnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com