Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Jepang: Iran Harus "Membangun" Perdamaian di Timur Tengah

Kompas.com - 13/06/2019, 10:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi Iran dalam rangka menjadi penengah antara Washington dengan Teheran, Rabu (12/6/2019).

Dalam kunjungannya, Abe yang diterima Presiden Iran Hassan Rouhani, mengatakan bahwa Iran harus berperan konstruktif bagi perdamaian di kawasan Timur Tengah.

"Sangat penting bahwa Iran memainkan peran konstruktif dalam membangun perdamaian dan stabilitas yang solid di Timur Tengah," kata Abe dalam konferensi pers bersama pemimpin Iran di Teheran.

"Ini agar kawasan itu tidak semakin terganggu stabilitasnya lebih lanjut dan tidak akan terjadi bentrokan yang tidak disengaja di tengah meningkatnya ketegangan baru-baru ini," lanjut Abe.

Sementara Rouhani menyampaikan harapannya akan adanya perubahan yang positif di Timur Tengah dan dunia, jika AS dapat menghentikan tekanan ekonominya terhadap Iran melalui sanksi.

Baca juga: Bawa Misi Khusus ke Teheran, PM Jepang Bakal Damaikan Iran dan AS?

"Jika ada ketegangan, akarnya berasal dari perang ekonomi Amerika dengan Iran. Jika suatu saat itu berhenti, kita akan melihat perubahan yang sangat positif di Timur Tengah dan juga dunia," kata Rouhani.

"Kami tidak akan memulai konflik di kawasan itu, bahkan terhadap AS, tetapi jika perang dimulai terhadap kami, kami akan memberi tanggapan yang menghancurkan," tambahnya.

Dilansir AFP, Abe memulai kunjungan pertamanya ke Iran pada Rabu (12/6/2019) dan menjadi perdana menteri Jepang pertama yang melakukannya sejak 41 tahun terakhir.

Kunjungan Abe tersebut bertujuan untuk membantu meredakan ketegangan yang terjadi antara AS dengan Iran.

Jepang telah berhenti membeli minyak mentah dari Iran sejak Mei lalu, untuk memenuhi sanksi AS terhadap negara republik Islam itu.

Rouhani mengatakan, dia melihat minat Jepang untuk terus membeli minyak dari Iran dan memperbaiki masalah keuangan sebagai jaminan untuk pengembangan hubungan bilateral yang sedang berlangsung.

Presiden Iran juga menggarisbawahi persamaan pandangan dengan tamunya seputar masalah senjata nuklir yang sepakat menentang.

Baca juga: Berkunjung ke Iran, PM Jepang Ingin Jadi Penengah Washington dengan Teheran

Abe, pada gilirannya, menyampaikan rasa hormatnya yang mendalam  atas fakta bahwa pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah mengulangi fatwa yang menegaskan bahwa "senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya adalah bertentangan dengan Islam".

Perdana menteri Jepang itu dijadwalkan untuk bertemu dengan Khamenei pada Kamis (13/6/2019) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com