Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pertahanan Udara Suriah Tembak Jatuh Rudal Israel

Kompas.com - 12/06/2019, 16:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sistem pertahanan udara Suriah telah berhasil menembak jatuh rudal-rudal Israel yang menargetkan bagian selatan negara itu, Rabu (12/6/2019).

Serangan itu diluncurkan para dini hari dengan menargetkan sektor Tall al-Hara, dekat Dataran Tinggi Golan. Demikian menurut kantor berita SANA, yang melaporkan tidak ada korban akibat serangan.

Tak dijelaskan secara rinci target serangan tersebut. Sementara SANA juga menyebut Israel telah melancarkan perang elektronik dengan mengganggu radar Suriah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan serangan tersebut menargetkan dua posisi Hezbollah.

"Setiap lokasi target yang diserang memiliki aset Hezbollah Lebanon di sana," kata kepala observatorium, Rami Abdel Rahman, dilansir AFP.

Baca juga: Balas Serangan Roket, Israel Tembakkan Rudal yang Tewaskan 3 Tentara Suriah

Kawasan Tall al-Hara merupakan bukit di provinsi selatan Daara, di mana Hezbollah memiliki radar dan rezim memiliki peluncur roket pertahanan udara.

Serangan juga menargetkan barak-barak untuk pasukan Lebanon di kota Quneitra yang ditinggalkan di zona demiliterisasi di perbatasan Dataran Tinggi Golan yang dikendalikan Suriah.

Kota itu sebagian besar telah hancur selama lebih dari empat dekade sejak dihancurkan oleh pasukan Israel sebelum akhirnya mundur berdasarkan perjanjian PBB 1974.

Israel telah melancarkan ratusan serangan udara ke Suriah sejak dimulainya konflik pada 2011, menargetkan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad dan sekutu rezim Iran dan Hezbollah.

Awal bulan ini, Israel menyerang sejumlah titik yang dikuasai pasukan rezim Suriah dalam waktu 24 jam dan menewaskan 15 tentara. Demikian menurut observatorium.

Januari lalu, Israel juga menargetkan posisi Iran di Suriah, dalam apa yang dikatakannya sebagai tanggapan terhadap serangan rudal Iran dari dalam negara itu.

Serangan tersebut menewaskan hingga 21 orang, dengan sebagian besar berkebangsaan Iran.

Baca juga: Serangan Udara Rusia di Suriah Tewaskan 10 Warga Sipil

Israel menyampaikan tekad mereka untuk mencegah Iran dari memperluas keberadaan militernya di Suriah, di mana Teheran mendukung pemerintahan Assad di negara yang telah dalam peperangan selama delapan tahun itu, yang menewaskan lebih dari 370.000 orang dan memaksa jutaan orang lainnya telantar.

Israel dengan Hezbollah juga telah beberapa kali terlibat peperangan, yang terbaru pada 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com