Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersambar Petir, 2 Jerapah di Taman Safari Florida Mati Seketika

Kompas.com - 12/06/2019, 09:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber NBC News

LOXAHATCHEE, KOMPAS.com - Dua ekor jerapah di taman margasatwa di Florida, AS, dikabarkan mati setelah tersambar petir.

Insiden yang sangat jarang itu terjadi di Taman Safari Lion Country di Loxahatchee, Florida, pada 3 Mei lalu, membunuh seketika sepasang jerapah, yakni Lily, betina berusia 10 tahun, dan Jioni, jantan yang baru berusia satu tahun.

"Jerapah Lily memiliki tinggi sekitar empat meter, sementara Jioni sekitar tiga meter. Kedua jerapah itu tidak berhubungan," ujar juru bicara Taman Safari Lion Country, Haley Passeser, kepada NBC News.

"Hasil pemeriksaan patologi terhadap kedua jerapah itu benar-benar menunjukkan jika keduanya tersambar petir seketika," lanjut pernyataan taman safari, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: Pengunjung Kebun Binatang di China Diduga Beri Makan Jerapah dengan Uang Kertas

Disampaikan pihak taman safari, saat insiden terjadi, kedua jerapah sedang berada di padang rumput di habitat mereka saat sedang turun badai petir dengan kilat yang menyambar.

"Jerapah itu memiliki akses ke banyak tempat perlindungan yang ada di habitat luas mereka. Tetapi jika mereka memilih untuk tidak menggunakan tempat berlindung, tidak banyak yang bisa kami lakukan untuk mendorong mereka," lanjut Passeser, kepada WPTV.

Fasilitas taman hiburan dan taman safari itu memiliki 20 ekor jerapah sebelum insiden menyedihkan itu terjadi. Dan kini setelah kematian Lily dan Jioni, hanya tersisa 18 jerapah di taman.

Dikatakannya, insiden seperti ini sangat jarang terjadi dan kedua jerapah itu sedang tidak beruntung. Namun Passeser menambahkan, pihak taman safari tetap berupaya memperbaiki fasilitas agar insiden serupa tidak terulang di kemudian hari.

Tidak ada staf taman yang menyaksikan langsung saat petir menyambar kedua jerapah, sehingga tidak bisa diketahui apakah kedua jerapah tersambar petir secara bersamaan atau terpisah.

Seekor jerapah dapat hidup antara 20 hingga 25 tahun, meski para aktivis lingkungan hidup menyebut hewan akan berusia lebih pendek di penangkaran.

Kematian dua jerapah tersebut menjadi kehilangan besar bagi Taman Safari Lion Country.

Baca juga: Lucy Si Jerapah Usia 14 Tahun di Singapura Mati Saat Melahirkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com