Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kembangkan Radar yang Bisa Deteksi Pesawat Siluman dari Jarak Jauh

Kompas.com - 11/06/2019, 23:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - China dilaporkan tengah mengembangkan radar super canggih yang bisa mendeteksi pesawat dengan teknologi siluman dari jarak jauh.

Pernyataan itu disampaikan ilmuwan dari Akademi Sansi Liu Yongtan dalam wawancara dengan Naval and Merchant Ships seperti diunggah kembali oleh Global Times.

Liu mengatakan, radar permukaan gelombang frekuensi tinggi (HFSWR) itu juga diperlengkapi dengan perlindungan dari rudal anti-radiasi yang bisa mendeteksi dan menghancurkan gelombang radio.

Baca juga: Sempat Menghilang dari Radar, Pesawat Air France Mendarat Darurat di Iran

Pakar yang mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari sistem radar itu berkata, radar terbaru itu punya gelombang elektromagnetik berfrekuensi tinggi yang panjang serta jangkauannya lebar.

Dilansir SCMP Selasa (11/6/2019), tidak seperti microwave atau sinyal skywave, gelombang permukaan bergerak di sepanjang permukaan bola Bumi ini.

"Sistem terbaru ini bisa mendeteksi obyek baik laut maupun udara dari jarak ratusan kilometer. Membantu China mengembangkan sistem peringatan dini dan pertahanan," ujarnya.

Ilmuwan 83 tahun itu menjelaskan, teknologi itu juga bisa mendeteksi pesawat siluman yang menggunakan material khusus untuk membantu mereka "tidak kelihatan".

Material itu, kata Liu, memang membantu mereka untuk lolos dari deteksi gelombang mikro. Namun, tak bakal berbuat banyak terhadap gelombang permukaan berfrekuensi tinggi.

Kini, tantangan yang dihadapi Liu serta timnya dalam menerapkan radar dengan teknologi gelombang frekuensi tinggi itu adalah hilang sinyal hingga gangguan suara.

Menurut komentator militer Shi Lao, Liu harus bisa mengatasinya karena jika sukses, radar tersebut bisa melindungi garis pantai hingga 400 kilometer.

Selain itu, teknologi ini juga bisa digunakan bersama radar skywave yang biasanya memiliki jangkauan pemantauan lebih panjang, hingga 1.000 kilometer.

"HFSWR bisa bekerja selama 24 jam di segala cuaca. Cara itu tentu lebih murah jika harus menggunakan pesawat pengintai peringatan dini," beber Shi.

Dia menjelaskan, sistem itu bisa dikerahkan secepat mungkin dengan mobilitas tinggi di kendaraan. Bahkan di masa depan, tidak menutup kemungkinan dipasang di kapal perang.

Baca juga: Buntut Hilang dari Radar, Jepang Kandangkan Seluruh Jet Tempur F-35

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com