Kompas.com - 11/06/2019, 17:02 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menyatakan sudah mengirim jet tempur Sukhoi Su-27 untuk mengadang jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Swedia di Laut Baltik.

Berdasarkan laporan TASS via Daily Mirror Selasa (11/6/2019), insiden itu terjadi dekat perbatasa Rusia tempat Organisasi Kerja Sama Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan.

Baca juga: Tank Terbang hingga Sukhoi Canggih, Ini 5 Pesawat Tempur Uni Soviet Pencetak Rekor

Dalam pernyataan resmi Kementerian Pertahanan, jet tempur Su-27 itu mengawal pesawat AS dan Swedia tersebut untuk menghindari tuduhan pelanggaran di perbatasan Rusia.

Kementerian menjelaskan, Senin kemarin (10/6/2019) stasiun pengawas angkasa Rusia mendeteksi dua pesawat itu mendekati perbatasan dari perairan netral.

"Karena itu, jet tempur Su-27 dari Angkatan Udara Armada Baltik dikerahkan untuk mencegat target dan mengawalnya ke tempat yang aman," ujar kementerian.

Ditambahkan pilot Su-27 itu kemudian mendekati dua pesawat dalam jarak aman, dan mendeteksi mereka sebagai pesawat pengintai Swedish Gulfstream dan RC-135 AS.

Latihan perang NATO bertajuk Baltops-2019 dilaksanakan di bagian selatan Laut Baltik pada 9-21 Juni mendatang yang diikuti oleh 18 negara anggota.

Total dalam latihan perang tersebut, sebanyak 40 kapal perang maupun kapal selam serta 40 pesawat tempur bakal ikut berpartisipasi.

Baca juga: Dua Jet Tempur Rusia Sukhoi Su-34 Bertabrakan di Udara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.