Kompas.com - 11/06/2019, 11:24 WIB

KOMPAS.com - Pada tahun 1700-an, kekayaan sumber daya alam di Alaska tersohor hingga ke penjuru dunia.

Alaska kaya akan fauna yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Para petualang Rusia turut terpanggil untuk mendatangi daerah tersebut.

Kekayaan alam, flora dan fauna bisa dijadikan komoditas perdagangan bagi negaranya sehingga bisa mendatangkan keuntungan berlipat.

Dilansir dari History, munculnya klaim atas pencapaian lokasi tertentu memacu para petualang Rusia. Tak lama setelah itu, seorang bernama Gerrasim Grigoriev Izmailov mencoba datang ke Alaska.

Hari ini 231 tahun yang lalu, tepatnya pada 11 Juni 1788, Izmailov berhasil mendaratkan kapalnya di Yakutat Bay, Alaska. Tujuan utama dari misi tersebut adalah mencari kulit berang-berang dan fauna berbulu.

Selain itu, misi ini juga menunjukkan Kekaisaran Rusia kepada dunia dan menjadi penguasa di wilayah Alaska sehingga berhak untuk mengeruk kekayaan alamnya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kapal Selam untuk Kali Pertama Mengelilingi Bumi

Alaska milik Kekaisaran Rusia

Tsar Peter Agungrbth Tsar Peter Agung

Pada akhir abad 17, penjelajah era Kekaisaran Rusia melakukan eksplorasi ke beberapa wilayah untuk mencari sumber daya alam yang menunjang perekonomian negara tersebut.

Mereka melakukan perjalanan ke barat maupun ke timur untuk menemukan hal yang baru. Misi ini juga dilanjutkan pada masa kepemimpinan Tsar Peter Agung.

Dia menginginkan dan memberikan para pelaut terbaiknya untuk melakukan perjalanan laut menuju Timur. Melalui celah sempit, perjalanan terus dilakukan melalui sisi Timur Rusia.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.