Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Mendarat, Helikopter Jatuh di Atap Gedung Bertingkat di AS

Kompas.com - 11/06/2019, 07:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MANHATTAN, KOMPAS.com - Sebuah helikopter gagal mendarat dan jatuh di atap gedung bertingkat di tengah kawasan Manhattan, New York, Senin (10/6/2019). Satu orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan itu.

Dilansir AFP, gedung bergetar setelah sebuah helikopter jatuh dengan keras di atap sebuah bangunan 54 lantai di Sevent Avenue itu. Petugas layanan darurat segera dikirim ke lokasi insiden.

Helikopter disebut jatuh sekitar 10 menit usai lepas landas dari sebuah landasan helikopter di kota.

Departemen pemadam kebakaran New York mengkonfirmasi adanya satu korban jiwa yang diyakini merupakan pilot helikopter nahas tersebut.

"Insiden ini bisa saja berakhir dengan jauh lebih buruk," kata Wali Kota New York, Bill de Blasio, yang berbicara dari lokasi kejadian.

Baca juga: Terbang di Atas Laut China Selatan, Pilot Helikopter Australia Diserang Laser

Terlepas dari adanya satu korban jiwa, de Blasio bersyukur tidak ada korban lain dalam insiden itu dan tidak sampai mengancam keselamatan penghuni gedung.

Menurut regulator penerbangan AS, pilot adalah satu-satunya orang yang ada di dalam helikopter saat insiden terjadi.

"Tidak ada indikasi bahwa ini merupakan aksi teror. Juga tidak ada ancaman berkelanjutan terhadap kota New York berdasarkan semua informasi yang kami miliki saat ini," tambah de Blasio.

Rekaman video yang menunjukkan asap abu-abu mengepul dari atap gedung tempat terjadinya kecelakaan sudah tersebar di dunia maya.

Sementara pemadam kebakaran kota mengatakan telah memadamkan api di ata gedung, namun masih bekerja karena adanya bahan bakar yang bocor dari tangki helikopter.

Menurut keterangan salah seorang saksi yang bekerja di gedung, getaran akibat jatuhnya helikopter dapat dirasakan di seluruh gedung.

"Kami sempat mengiranya sebagai gempa bumi atau semacamnya. Barulah dua menit kemudian alarm berbunyi dan petugas masuk untuk memerintahkan evakuasi keluar gedung," kata Nathan Hutton, yang bekerja di lantai 29, dikutip AFP.

Baca juga: Ambil Foto Pangeran Harry Pakai Helikopter, Agen Paparazi Minta Maaf

Ditambahkannya, situasi saat evakuasi cukup tenang dan tidak ada kepanikan, hanya saja orang-orang tampak gugup.

Badan Penerbangan Federal melalui akun Twitter-nya menginformasikan insiden yang terjadi sekitar pukul 13.45 waktu setempat. Helikopter yang jatuh diidentifikasi berjenis Agusta A109E.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com