Kompas.com - 10/06/2019, 17:49 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Iran pada pekan depan.

Kunjungannya pada 12-14 Juni mendatang itu diyakini akan membawa misi untuk meredakan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Lalu, mengapa Abe harus pergi ke Iran?

Melansir Reuters, Senin (10/6/2019), Jepang berada dalam posisi unik. Satu sisi, "Negeri Matahari Terbit" itu merupakan sekutu AS.

Baca juga: Disanksi AS, Iran Mengklaim Tetap Bisa Jual Minyak secara Rahasia

Di sisi lain, negara itu menjaga hubungan dekat dengan Iran. Hal tersebut menjadi Abe sebagai mediator yang ideal.

Seperti diketahui, hubungan AS dan Iran meruncing sejak Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

Jepang secara umum memiliki hubungan positif dengan Iran sekitar 70 tahun lalu, yang sebagian besar berkutat pada minyak.

Pada 1950-an, kilang minyak Jepang, Idemitsu, memutus embargo minyak Inggris atas Iran dan mengirim sebuah kapal tanker untuk mendapatkan muatan bensin dan minyak diesel.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat bertemu Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Jumat (26/4/2019).AFP / MANDEL NGAN Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat bertemu Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Jumat (26/4/2019).
30 tahun kemudian, selama perang Iran-Irak, ayah Abe, yang kala itu merupakan Menteri luar Negeri Shintaro Abe, menjadi penengah kedua negara.

Saat itu, Shinzo Abe yang masih muda bergabung dengan sang ayah sebagai sekretarisnya.

Halaman:
Sumber Reuters


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.