Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Minta NASA Berhenti Bahas soal Kembali ke Bulan

Kompas.com - 08/06/2019, 14:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta Badan Antariksa Nasional (NASA) untuk berhenti membahas soal kembali ke bulan.

Diwartakan AFP Jumat (7/6/2019), ucapan yang Trump lontarkan di Twitter itu bisa menimbulkan kebingungan karena pemerintahannya yang berencana mendaratkan kembali di Bulan.

Baca juga: 2020, NASA Bakal Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Turis

"Demi semua uang yang sudah kami habiskan, NASA seharusnya tak membahas soal kembali ke Bulan. Kita sudah melakukannya 50 tahun silam," ujar Trump di Twitter.

"Mereka seharusnya fokus kepada hal besar yang bisa mereka lakukan. Seperti Mars (di mana Bulan adalah bagiannya), Pertahanan dan Sains!" lanjut dia.

Arti pernyataan Trump masih belum bisa dipahami. Bisa jadi dia menginginkan adanya penjelajahan di Mars dengan Bulan hanyalah sebagai batu loncatan.

Sebelumnya pada April, Wakil Presiden Mike Pence mengumumkan rencana untuk mendarat kembali di Bulan di 2024, meski sejumlah ahli meragukan tenggat waktu itu bakal terpenuhi.

Dalam situs resminya, NASA yang sudah meluncurkan enam misi Apollo dengan awak sepanjang 1969 sampai 1972 menjelaskan bahwa "penjelajahan Bulan dan Mars saling terkait".

NASA menuturkan, misi di Bulan memungkinkan mereka untuk mencoba alat, instrumen, maupun peralatan terbaru yang bisa dipakai dalam penjelajahan di Mars.

Uji coba itu untuk mengetahui habitat manusia, sistem penopang kehidupan, dan teknologi yang bisa membantu menciptakan kehidupan mandiri jauh dari Bumi.

Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan bahwa ketika mereka kembali lagi ke Bulan, pada dasarnya mereka sudah mempunyai pandangan tentang "permukiman".

"Kami tak bakal sekadar meninggalkan bendera dan jejak kaki, dan kemudian pulang ke Bumi serta tidak kembali dalam 50 tahun mendatang," ulas Bridenstine.

Terakhir kali Trump menge-twit soal NASA adalah 13 Mei lalu, di mana dia bakal membuat NASA sebagai yang terhebat dan menyatakan bakal kembali ke Bulan.

"Saya sudah menambahkan anggarannya 1,6 miliar dollar AS, sekitar Rp 22.8 triliun, sehingga kita bisa kembali ke angkasa SECARA MEGAH!" terang Trump.

Baca juga: 3 Lagu BTS Masuk Playlist NASA untuk Misi Penerbangan ke Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com