Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan Jadi Pendamping di Pernikahan Mesut Oezil

Kompas.com - 08/06/2019, 08:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,AFP

ISTANBUL, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat peran istimewa dengan menjadi pendamping gelandang Arsenal asal Jerman, Mesut Oezil.

Oezil yang merupakan pemain keturunan Turki menjadi kontroversi pada tahun lalu ketika berfoto dengan Erdogan jelang perhelatan Piala Dunia di Rusia.

Baca juga: Ketika Presiden Erdogan Buka Puasa Bersama dengan Oezil

Foto itu memunculkan pertanyaan tentang loyalitas pemain 30 tahun itu di malam ketika Jerman yang berstatus juara bertahan harus kandas sebagai juru kunci fase grup.

Dilansir AFP Jumat (7/6/2019), Erdogan hadir dalam upacara pernikahan antara Oezil dan mantan Miss Turkey Amine Gulse yang berlangsung di hotel mewah tepi Bosphorus.

Erdogan yang datang bersama istrinya Emine terlihat tersenyum ketika berdiri di samping Oezil segera setelah pernikahannya dengan Gulse disahkan.

Mantan pemain Real Madrid itu sudah mengumumkan pada Maret lalu bahwa dia telah meminta Erdogan supaya bersedia menjadi pendamping pria dalam pernikahan.

Tak pelak, permintaan itu menuai kritik dari Kepala Staf Kanselir Jerman Angela Merkel, Helge Braun. "Ucapannya membuat sedih," tuturnya kepada Bild.

Braun menilai Oezil seharusnya paham dia sudah menuai kritikan dari publik Jerman ketika foto-fotonya bersama Erdogan sudah tersebar pada tahun lalu.

Apalagi pasca-tersingkirnya Jerman dari Piala Dunia, Oezil langsung mengumumkan pensiun dari tim tim nasional dan mengaku mendapat ancaman karena dianggap biang kekalahan.

"Saya adalah orang Jerman ketika kami menang. Namun saat kami kalah, saya dipandang sebagai migran," keluh Oezil mengomentari perlakuan yang diterimanya.

Adapun Erdogan, seperti dikutip BBC, sering menghadiri pernikahan selebritis terutama jelang masa kampanye. Kehadirannya di pernikahan Oezil terjadi jelang pemilu ulang Wali Kota Istanbul.

Hasil sebelumnya di mana partai Erdogan AKP menelan kekalahan dari oposisi dibatalkan sehingga memunculkan kritik dari komunitas internasional.

Baca juga: Erdogan: Pembelian S-400 dari Rusia Jalan Terus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com