Kompas.com - 07/06/2019, 09:06 WIB

CARENTAN, KOMPAS.com - 75 tahun lalu, Tom Rice melakukan terjun payung dalam invasi Normandia yang akan mengubah nasib Jerman Nazi.

Invasi itu dimulai dengan pendaratan D-Day pada 6 Juni 1944, ketika Rice berusia 22 tahun.

Meski kini berusia 97 tahun, Rice ingin mengulangi prestasi para pasukan dan sejenak melupakan usianya untuk menandai peringatan ke-75 tahun invasi Normandia.

Pada Rabu (5/6/2019), dia mengulang aksinya terjun payung dan mendarat dengan selama. Ditemani dengan seorang penerjun payung, bendera raksasa AS terlihat berkibar ketika dia akan mendarat.

Baca juga: Tak Diundang ke Peringatan D-Day, Presiden Putin Cuek

Rice melompat secara tandem dari pesawat C-47 dan mendarat di area yang sama dengan lompatan pertamanya, di luar kota Normandia, Carentan, Perancis.

"Rasanya luar biasa," kata veteran AS itu.

Dia mendapat tepuk tangan meriah setelah terjun dari pesawat dan mendarat di lapangan dekat desa Perancis, Carentan, tempatnya memasang tanda V.

"Saya ingin kembali dan melakukannya lagi," ucap Rice.

Rice merupakan mantan anggota Divisi lintas Udara ke-101 "Screaming Eagles" Angkatan Darat AS.

Kala itu, dia mengikat dirinya dengan peralatan seberat 50 kg dan bergabung dengan 9.000 rekannya dalam penerbangan malam hari dari Inggris pada 5 Juni 1944, untuk melompat di Cotentin.

Halaman:
Sumber Time,AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.