Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden China Hadiahkan 2 Ekor Panda kepada Putin

Kompas.com - 06/06/2019, 21:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping dilaporkan memberikan hadiah berupa dua ekor panda kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Moskwa.

Dilaporkan Reuters via Channel News Asia Kamis (6/6/2019), dua ekor panda itu disebut Putin merupakan gestur kepercayaan yang dalam dan rasa hormat dua negara.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping: Putin adalah Sahabat Karib Saya

Dua panda itu, Ru Yi dan Ding Ding, diperkenalkan setelah Xi menginjakkan kaki di Moskwa dan memuji Putin sebagai "sahabat karib" dalam konterensi pers.

Panda yang terlihat tengah mengunyah bambu ketika Xi dan Putin tiba di Kebun Binatang Moskwa bakal hidup di penangkaran khusus, dan dipinjamkan Channel selama 15 tahun sebagai bagian proyek penelitian bersama.

Kunjungan Xi yang nantinya bakal berdurasi selama tiga hari terjadi setelah China dan Rusia mengalami kerenggangan hubungan dengan negara-negara Barat.

Rusia misalnya. Mereka menerima sanksi setelah keterlibatan dalam konflik Ukraina 2014. Adapun China saat ini terlibat perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

"Dalam enam tahun terakhir, kami sudah bertemu setidaknya 30 kali. Rusia adalah negara yang sering saya kunjungi. Presiden Putin adalah kolega sekaligus sahabat karib saya" terang Xi.

Berdiri di samping Xi setelah konferensi pers, Putin mengucapkan terima kasih kepada China karena memercayakan panda mereka kepada Negeri "Beruang Merah".

"Ketika kami membahas panda, kami selalu mengakhirinya dengan senyum lebar. Kami menerima hadiah ini dengan rasa hormat tinggi dan terima kasih," terangnya.

Presiden berusia 66 tahun itu mengatakan panda merupakan simbol nasional China. Sehingga mereka sangat menghargai hadiah itu sebagai lambang persahabatan.

Panda itu sebenarnya sudah datang ke Rusia pada akhir April. Namun baru diperkenalkan kepada publik dalam sebuah upacara resmi pada Rabu kemarin.

Baca juga: Seekor Panda Albino Tertangkap Kamera di Cagar Alam Nasional di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com