Kompas.com - 06/06/2019, 06:49 WIB

PORTSMOUTH, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II dari Inggris memuji aksi heroik operasi militer terpenting dalam sejarah Perang Dunia II, pendaratan Normandia atau D-Day.

Pernyataan itu muncul ketika Ratu Elizabeth bergabung bersama 16 pemimpin dunia dalam memperingati peristiwa yang terjadi pada 6 Juni 1944, atau 75 tahun silam.

Dilansir Sky News Rabu (5/6/2019), peringatan di Portsmouth itu dihadiri 300 veteran maupun tokoh publik dan dimeriahkan penampilan akrobat pesawat RAF Voyager dan Typhoons.

Baca juga: Pemimpin Dunia Hadiri Peringatan D-Day

Membaca pernyataan dari ayahnya Raja George VI, Ratu Elizabeth berkata para veteran D-Day telah menunjukkan tekad tak tertandingi lebih dari keberanian dan daya tahan.

"Nasib dunia ditentukan oleh mereka. Banyak dari mereka yang tak kembali. Aksi heroik, keberanian, dan pengorbanan mereka tak bakal dilupakan," ujarnya.

Ratu berusia 93 tahun itu menuturkan ketika menghadiri peringatan D-Day ke-60, ada yang berpikir bahwa momen itu bakal menjadi yang terakhir.

"Namun generasi perang, generasi saya, adalah generasi yang ulet. Jadi, saya sangat senang bisa berada di Portsmouth pada hari ini (Rabu)," terangnya.

"Adalah dengan rasa senang dan kerendahan hati, atas nama seluruh negara, bahkan seluruh dunia yang merdeka ini, saya mengatakan kepada kalian, terima kasih," lanjut dia.

Upacara itu dihadiri juga oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Presiden Perancis Emmanuel Macron, maupun Perdana Menteri Inggris Theresa May.

May yang baru saja mengumumkan pengunduran dirinya membacakan surat dari anggota Korps Pasukan Kerajaan Kapten Norman Skinner kepada istirnya, Gladys.

Halaman:
Sumber BBC,Sky News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.