Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2019, 23:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menjanjikan bakal membebaskan hampir 900 tahanan dari penjara di seluruh penjuru negeri.

Pernyataan tersebut disampaikan presiden dalam pidatonya menyambut Hari Idul Fitri, usai berakhirnya bulan suci Ramadhan, Selasa (4/6/2019).

Dilansir AFP, sebanyak 887 narapidana dijanjikan akan dibebaskan dari penjara di seluruh penjuru negara Afghanistan.

Namun presiden tidak menjelaskan kategori tahanan yang akan dibebaskan dan apakah mereka termasuk narapidana dari anggota Taliban.

Sebelumnya saat konferensi perdamaian yang digelar pada April lalu, Presiden Ghani juga mengatakan akan membebaskan sebanyak 175 anggota Taliban yang ditahan, sebagai isyarat niat baik untuk perdamaian.

Baca juga: Serangan Udara AS Tak Sengaja Bunuh 17 Polisi Afghanistan

Tidak jelas juga apakah jumlah tersebut termasuk dalam para tahanan yang akan dibebaskan Presiden Ghani dalam pidatonya pada hari Selasa.

Sebelumnya, pemerintah Afghanistan telah mengusulkan untuk gencatan senjata nasional pada awal Ramadhan lalu, namun pihak Taliban menolak tawaran itu.

Tahun lalu, Taliban mengamati gencatan senjata selama tiga hari saat Ramadhan, namun tidak ada pengurangan kekerasan yang dilakukan pada bulan suci tahun ini.

Dalam kesempatan pidato menjelang Idul Fitri, Presiden Ghani juga menekankan akan perlunya dilakukan pemilihan yang adil, bebas, dan tranparan saat pemilu presiden yang dijadwalkan September mendatang.

Dia meminta seluruh kandidat presiden untuk duduk bersama dan membicarakan tentang prinsip-prinsip moral dalam pemilu dan mencapai kesepakatan.

Ghani juga menyerukan kepada Pasukan Pertahanan dan Keamanan Afghanistan, serta pegawai negeri untuk tidak memihak dalam pemilu mendatang.

Dalam pidatonya, Presiden Ghani juga menyampaikan menerima undangan dari Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan mengatakan bakal mengunjungi negaranya pada akhir bulan ini.

Di akhir pidato, presiden menyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh rakyat Afghanistan dan memuji pasukan yang berada di garis depan untuk memastikan keamanan rakyat.

Baca juga: Taliban Larang Palang Merah dan WHO Beroperasi di Afghanistan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com