Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah di Balik Foto "Tank Man" Saat Pembantaian Tiananmen 30 Tahun Silam

Kompas.com - 04/06/2019, 10:32 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com – Hari 30 tahun lalu, sejak 3 hingga 5 Juni 1989, dunia dikejutkan dengan tragedi pembantaian di Lapangan Tiananmen, Beijing, China. Militer China yang memilih membubarkan aksi demonstrasi mahasiswa dengan jalan kekerasan membuat darah tertumpah. 

Salah satu hal yang terlintas saat membicarakan tragedi pembantaian Tiananmen adalah foto bertajuk "Tank Man".

Foto yang diambil pada 1989 di sekitar Lapangan Tiananmen itu menangkap potret seorang lelaki yang berdiri menghadap barisan tank yang akan melintas di jalanan.

Tak ada senjata yang ia bawa sebagai alat perlindungan diri. Lelaki itu hanya mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang, dan membawa tas di tangan. Dia hanya berdiri seakan bersiap mati menghadapi tank yang dikirim pemerintah untuk melawan rakyatnya sendiri.

Foto tersebut diambil oleh seorang jurnalis foto Associated Press (AP) bernama Jeff Widener saat militer berusaha membubarkan aksi demonstrasi di China.

Demonstrasi yang sebagian besar dilakukan mahasiswa itu menuntut sistem demokrasi lebih terbuka dan kebebasan berpendapat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Dimulainya Pembantaian Tiananmen 30 Tahun Lalu

Dalam rangkaian kejadian yang terjadi, dikabarkan sekitar 300 hingga 1.000 orang tewas yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, masyarakat sipil, juga tentara. Aksi itu juga menyebabkan ratusan mahasiswa dipenjara karena dianggap menimbulkan kekacauan.

Pemerintah China yang dikenal otoriter hingga saat ini berusaha untuk menutup rapat segala bentuk informasi tentang tragedi pembantaian Tiananmen di 1989 dari rakyatnya.

Sistem internet China yang dikuasai penuh oleh pemerintah tidak membuka celah sekecil apa pun. sehingga informasi pembantaian ini dapat diakses warganya.

Sejumlah media juga sengaja diminta tidak menyebut satu pun terkait kejadian Tiananmen. Bahkan media diminta mematikan kolom komentarnya, saat banyak orang memperingati 30 tahun peristiwa ini.

Generasi sebelumnya yang mengetahui kejadian ini tidak berani buka suara, karena gerak-geriknya diawasi kepolisian. Penjara bahkan ancaman nyawa bisa menghampiri mereka kapan pun. Akibatnya, generasi muda yang lahir setelah kejadian, tidak ada yang mengetahui peristiwa pembantaian berdarah ini.

Bagaimana sesungguhnya cerita di balik foto tersebut?

Dilansir dari CNN, Jeff Widener mencoba memotret deretan tank yang membelah jalanan di sekitar Lapangan Tiananmen pada 5 Juni 1898.

Saat itu, tank dan militer dikirim untuk mensterilkan Lapangan Tiananmen yang dikuasai demonstran selama tujuh pekan. Awalnya, para demonstran turun ke jalan untuk meminta transparansi pemerintah atas meninggalnya Sekjen Partai Komunis yang dianggap pro reformasi, Hu Yaobang.

Baca juga: Jenderal China Sebut Pembantaian di Lapangan Tiananmen Bisa Dibenarkan

Kesal

Setelah tank dan tentara dikirim ke Lapangan Tiananmen, Widener sudah siap siaga. Ia sudah memilih posisi dari atas balkon lantai enam Beijing Hotel untuk mendapatkan komposisi sempurna foto yang menampilkan belasan kendaraan militer bertonase tinggi, melintas berbaris.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com