Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Ejek Wali Kota London "Pecundang" Sebelum Mendarat di Inggris

Kompas.com - 03/06/2019, 20:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengejek Wali Kota London Sadiq Khan sebelum dia mendarat di Inggris dalam kunjungan selama tiga hari.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump menyebut Khan sebagai wali kota yang buruk dan telah mengejek kunjungannya yang merupakan sekutu terpenting Inggris.

Baca juga: Trump Akan Umumkan Kampanye Pilpres AS 2020 pada 18 Juni

"Dia merupakan seorang pecundang berhati dingin yang seharusnya fokus kepada kejahatan di London, bukan saya," ejek presiden berusia 72 tahun itu.

Diwartakan Sky News Senin (3/6/2019), Trump kemudian membandingkan Khan dengan Wali Kota New York Bill de Blasio yang dia sebut bodoh dan tidak kompeten.

"Dalam segala kesempatan, saya menantikan bisa menjadi rekan baik bagi Kerajaan Inggris dan tak sabar dengan kunjungan saya. Segera mendarat!" tulisnya.

Komentar presiden ke-45 AS itu muncul setelah Khan sebelumnya mengkritik Inggris karena tidak seharusnya mereka "menggelar karpet merah" bagi Trump.

Khan mengatakan bahwa sejak dilantik pada Januari 2017, Trump sudah menelurkan sejumlah kebijakan yang dia sebut "menjijikkan serta menyinggung".

Juru bicara sang wali kota kemudian merespon twit Trump dengan menyatakan ejekan yang dilontarkan Trump jauh lebih serius dari sekadar hinaan anak kecil dan tidak seharusnya diucapkan Presiden AS.

Dalam keterangan resmi, Khan disebut mewakili nilai progresif London maupun Inggris, dan memperingatkan Trump adalah contoh mengerikan dari ancaman sayap kanan yang tumbuh di seantero dunia.

Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt yang menyambut di landasan pacu Bandara Stansted mengkritik para petinggi Partai Buruh karena melakukan boikot kunjungan kenegaraan itu.

Presenter Sky News Mark Austin mengungkapkan Trump mengeluh tentang Khan kepada Hunt segera setelah dia dan istrinya, Melania, keluar dari Air Force One.

Hunt pun menjawab bahwa dia memang mempunyai perbedaan pendapat dengan Trump. Antara lain ketika Trump mengkritik layanan kesehatan Inggris (NHS).

"Namun Anda harus mengesampingkan itu semua ketika presiden sebuah negara bebas dan sekutu terdekat kami melakukan kunjungan dan dijamu oleh Ratu Elizabeth" kata Hunt.

Setelah mendarat di Stansted, Trump kemudian diangkut oleh helikopter ke Winfield House yang merupakan kediaman Duta Besar AS bagi Inggris, Woody Johnson.

Baca juga: Warga London Geger Temuan Bom yang Ternyata Dekorasi Natal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com