Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ancaman Bom, Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura

Kompas.com - 03/06/2019, 16:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Angkatan Udara Singapura menyatakan mengirim dua jet tempur untuk mengawal pesawat maskapai Scoot setelah beredar ancaman bom di dalamnya.

Pesawat Scoot dengan nomor penerbangan TR385 tengah terbang dari Cebu, Filipina, pada Minggu (2/6/2019) waktu setempat. Seperti diberitakan Mothersip.

Baca juga: Penumpang Berkelahi, Maskapai Scoot Terpaksa Mendarat di Sydney

Terdapat 144 penumpang yang tengah berada dalam penerbangan itu ketika polisi mendapati laporan adanya ancaman bom. AU Singapura pun langsung menerjunkan dua jet tempur F-15.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam keterangan di Facebook menyatakan pemerintah menangani ancaman itu dengan serius hingga melakukan pengawalan.

Juru bicara maskapai Scoot kepada Straits Times via BBC menuturkan, pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Changi pada pukul 16.49 waktu setempat.

"Seluruh 144 penumpang dan enam kru telah dikeluarkan dengan selamat. Saat ini, mereka tengah menjalani pemeriksaan keamanan di bagian kedatangan," kata juru bicara itu.

Media lokal memberitakan, setelah dilakukan pemeriksaan nampaknya ancaman bom itu merupakan kabar hoaks dan diciptakan oleh penumpang berusia 13 tahun.

Seorang penumpang bernama Schemuel Ryaile mengunggah foto di media sosial di mana jet tempur F-15 terbang di sisi pesawat hingga mendarat di Changi.

Dia mengaku para penumpang lain tidak mendapat pemberitahuan akan adanya ancaman bom hingga mendarat. Dia baru mengetahui setelah membaca koran keesokan harinya.

Jet itu, kata Ryaile, terbang sekitar 40 menit selama pesawat berada di udara dan berputar di kawasan Desaru, Sungei Lebam, maupun kilang minyak.

"AU Singapura tetap menganggap ancaman apapun secara serius hingga terbukti sebaliknya. Garda udara Singapura bakal terus mempertahankan kewaspadaan," tegas Ng.

Baca juga: 2020, Scoot Buka Rute Penerbangan dari 6 Kota di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com