Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Budak Seks ISIS Bantu CIA Temukan Lokasi Persembunyian Baghdadi

Kompas.com - 03/06/2019, 12:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ERBIL, KOMPAS.com - Seorang anggota senior Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menjadi sosok kunci perburuan otoritas terhadap pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Nisrine Assad Ibrahim, dikenal juga sebagai Umm Sayyaf, membantu Dinas Intelijen Pusat AS (CIA) dan pasukan Kurdi dalam melacak jejak persembunyian Baghdadi.

Diwartakan Daily Mirror Minggu (2/6/2019), Umm Sayyaf diyakini memberikan lokasi persembunyian Baghdadi di Mosul, kota di mana Baghdadi mendeklarasikan "kekhalifahan" ISIS.

Baca juga: Koalisi Pimpinan AS Klaim Warga Sipil Korban Serangan Udara Melawan ISIS Hanya 1.300 Orang

Kepada penyelidik, Umm Sayyaf memprediksi Baghdadi kemungkinan bersembunyi di Qaim atau Bukamal karena dia merasa bakal aman di Irak daripada Suriah.

Pakar pertahanan mengemukakan, Umm Sayyaf berhubungan dengan pejabat AS dan memberitahukan nama, lokasi, dan detil percakapan di antara para petinggi ISIS.

Kabar itu dibenarkan oleh Umm Sayyaf dalam wawancara dengan The Guardian. Penampilan perdananya sejak ditangkap empat tahun silam oleh Delta Force.di Suriah.

Dia mengisahkan pada 2016, dia sempat menyebut ada sebuah rumah di Mosul di mana Baghdadi diyakini bersembunyi. Namun menurut sumber Kurdi, komandan AS tak meminta serangan udara.

Alasannya saat itu selain langit Irak tengah penuh aktivitas pada malam itu, dia juga takut jika serangan itu mengenai warga sipil demi membuktikan keberadaan Baghdadi.

"Saya tahu dia bakal berada di rumah itu. Sebab, rumah itu adalah salah satu lokasi persembunyian yang disediakan baginya, dan dia juga menyukainya," terangnya.

Keyakinan akan informasi Umm Sayyaf terjadi karena dia merupakan istri Fathi Ben Awn Ben Jildi Murad al-Tunis, atau dikenal juga sebagai Abu Sayyaf.

Sayyaf merupakan rekan karib Baghdadi sekaligus penyandang dana ISIS. Status itu membuat Umm Sayyaf mengaku mempunyai akses untuk dengan bertemu Baghdadi.

Dia mengaku pernah hadir ketika Baghdadi merekam audio propaganda di rumah mereka. Baghdadi, kata Sayyaf, sering merekamnya di ruang tamu di rumah mereka di Taji.

Baca juga: Baghdadi Muncul Kembali dalam Video Propaganda setelah 5 Tahun, Ini Tanggapan AS

"Suami saya saat itu merupakan kepala media ISIS. Jadi Baghdadi sering mengunjungi kami," kata perempuan 29 tahun yang disebut sebagai pengelola jaringan budak seks ISIS.

Ketika pertama kali ditangkap dalam penyerbuan 2015, perempuan yang dijatuhi hukuman mati di Erbil, Irak itu menolak buka mulut, dan baru melakukannya pada awal 2016.

Pejabat intelijen Kurdi mengatakan, keterangan Umm Sayyaf memberikan mereka gambaran utuh mengenai struktur keluarga Baghdadi dan orang-orang yang penting baginya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com